Wenger Kritik Aturan Baru Premier League

Kompas.com - 19/07/2010, 14:37 WIB
EditorAsep Candra

LONDON, KOMPAS.com — Pelatih Arsenal Arsene Wenger mengaku kecewa dengan rencana peraturan baru di Premier League. Wenger menilai, apabila jadi diberlakukan, aturan ini bakal memberi dampak terhadap penurunan daya jual Premier League.

Adapun rencana ini bermula dari kegagalan tim nasional Inggris di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Munculnya kritikan pedas dari pelbagai pihak membuat federasi sepak bola Inggris alias FA mengambil langkah tegas.

Pasalnya, kritikan tersebut tak hanya dilayangkan kepada Pelatih Fabio Capello dan pemain "The Three Lions" semata, melainkan juga kepada klub yang berlaga di Premier League. Kritikus menuding klub-klub inilah yang menjadi biang keladi tidak adanya pengembangan bagi pemain-pemain muda lokal yang mempunyai bakat.

Akibatnya, FA mengeluarkan rencana peraturan pembatasan pemain asing di klub-klub Premier League. Nantinya, setiap klub Premier League wajib memiliki delapan pemain asli Inggris dari total 25 pemain yang dimiliki. Delapan pemain itu pun harus merupakan produk asli dari akademi sepak bola masing-masing klub dan mereka minimal sudah menimba ilmu di akademi selama 36 bulan (3 tahun), sebelum berusia 21 tahun.

Arsenal sendiri, yang punya 14 pemain asing, tentu merasa "terancam" dengan rencana peraturan ini. Alhasil, Wenger pun menyampaikan protesnya. Monsieur Perancis ini menilai kegagalan timnas Inggris di Piala Dunia 2010 tak ada hubungannya dengan banyaknya jumlah pemain asing yang merumput di Premier League.

"Saya tidak percaya kegagalan Inggris memenangi Piala Dunia berhubungan dengan hal ini," kata Wenger.

"Saya percaya bahwa kualitaslah yang paling penting. Liga Inggris adalah liga yang paling banyak ditonton orang. Itu semua akan Anda dapatkan jika Anda fokus pada kualitas, bukan pada aturan artifisial," tuturnya.

Meski begitu, Wenger menyebut dirinya tak bakal bisa berbuat banyak. Ia pun memilih memberi sikap hormat dengan berencana melepas beberapa pemain asingnya di jendela transfer.

"Kita harus menghormati aturan itu. Dengan adanya beberapa pemain yang masuk, itu berarti ada beberapa pemain yang harus keluar," ujarnya.

Menurut berita yang dilansir oleh media-media Inggris, Wenger dikabarkan tengah mempertimbangkan menjual Eduardo. Selain Eduardo, pelatih berusia 60 tahun ini juga akan melepas Mikael Silvestre dan William Gallas, yang habis masa kontrak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.