Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Capello Tunjuk Lima "Algojo" Penalti

Kompas.com - 25/06/2010, 07:43 WIB

RUSTENBURG, KOMPAS.com — Pelatih Inggris, Fabio Capello, sudah memilih lima pemain yang akan menjadi "algojo" untuk adu penalti di fase gugur Piala Dunia 2010.

Dalam sesi latihan jelang laga 16 besar lawan Jerman, Capello secara khusus melatih kelima pemain itu untuk mengeksekusi bola dari titik putih. Capello menganggap hal ini sangat serius dan meminta pemain tidak menganggapnya sebagai latihan belaka.

"Algojo-algojo" itu adalah gelandang Frank Lampard, Steven Gerrard, dan striker Wayne Rooney. Gelandang James Milner, yang baru diturunkan sebagai starter pada laga versus Slovenia, juga diminta berlatih. Adapun Gareth Barry menjadi pemain terakhir yang mengasah tembakan 12 pas.

"Pelatih memilih eksekutor penalti untuk memastikan kami melakukannya dengan benar dalam latihan dan tidak asal-asalan," ungkap Gerrard. "Dia ingin kami berlatih seperti dalam pertandingan: maju ke titik putih dan jangan ubah pikiranmu. Ini tekanan besar. Aku gagal melakukannya pada 2006, jadi jika aku berada di situasi itu lagi, aku akan berusaha dan mengatasi tekanan jauh lebih baik."

Kelima pemain itu sudah sering melakukan penalti untuk klub masing-masing. Sebagai lawannya, kiper David James ditugasi menjaga gawang. Kiper Portsmouth ini beberapa kali melakukan penyelamatan gemilang dalam duel penentuan versus Slovenia.

Pada Piala Dunia 2006, tiga pemain Inggris gagal dalam adu penalti lawan Portugal pada perempat final. Ketiganya adalah Gerrard, Lampard, dan bek tengah, Jamie Carragher.

Jerman yang menjadi lawan Inggris pada Minggu (27/6/2010) nanti punya catatan prima di babak adu tos-tosan. "Die Mannschaft" tidak pernah gagal sekali pun dalam penalti sejak 1982. Jerman pernah menyingkirkan Meksiko pada Piala Dunia 1986 dengan 12 tembakan penalti. Inggris pun dibuat keok pada 1990, demikian pula Argentina pada 2006.

Pada turnamen kali ini, Lukas Podolski sempat gagal melakukan penalti lawan Serbia. Namun, itu terjadi dalam waktu normal, bukan setelah 120 menit. Kegagalan itu merupakan kegagalan pertama dalam sejarah penalti Jerman pada waktu normal sejak 1974. (TEL)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com