Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nigeria Sial, Korsel Jumpa Uruguay

Kompas.com - 23/06/2010, 03:18 WIB

DURBAN, KOMPAS.com — Sungguh sial nasib Nigeria ketika menghadapi Korea Selatan pada laga terakhir penyisihan Grup D Piala Dunia 2010. Sudah unggul lebih dulu, Nigeria harus tersingkir karena bermain imbang 2-2. Korsel akhirnya menjadi runner-up grup dan akan berhadapan dengan Uruguay di babak selanjutnya.

Sebelum pertandingan di Stadion Moses Mabhida, Selasa (22/6/2010), itu berlangsung, kedua tim sama-sama memiliki peluang lolos ke babak 16 besar. Korsel yang memiliki peluang lebih besar memberikan ancaman selama dua menit pertama. Itu ditunjukkan oleh aksi Lee Chung-yong yang tinggal berhadapan dengan kiper Vincent Enyeama. Apes bagi Chung-yong, tendangannya melebar.

Nigeria berbalik menguasai permainan pada menit-menit selanjutnya. "Elang Super" bahkan mencetak gol lebih dulu pada menit ke-12. Umpan silang Chidi Odiah di sayap kanan disambut oleh Kalu Uche, yang mendahului gerak Cha Du-ri. Uche hampir mendapatkan gol keduanya jika tendangannya pada menit ke-36 tak membentur tiang.

Dengan keunggulan 1-0, Nigeria hanya perlu satu gol lagi untuk menyingkirkan Yunani dan Korsel. Kalaupun tidak, kekalahan Yunani dari Argentina akan menguntungkan Nwankwo Kanu dan kawan-kawan.

Namun, yang terjadi justru sebaliknya. Pada menit ke-38, Korsel menyamakan skor menjadi 1-1. Rabiu Afolabi gagal menyapu tendangan bebas Ki Sung-yeung. Bola bergulir kepada Lee Jung-soo dan disodok ke gawang Enyeama.

Skor imbang membuat Korsel semakin percaya diri menjalani laga babak kedua. Park Ji-sung cs bahkan berbalik unggul 2-1 pada menit ke-49. Kali ini Park Chung-young menjadi pahlawan tim berkat tendangan bebasnya ke pojok kiri gawang Enyeama.

Chung-young hampir menambah keunggulan Korsel pada menit ke-62. Bola dari Yeom Ki-hun dipotongnya di depan gawang, tetapi bola terlalu pelan dan gagal melewati Enyeama.

Namun, Korsel justru gagal menghadapi tekanan Nigeria. Yakubu Aiyegbeni seharusnya bisa menyamakan skor ketika berdiri di depan gawang kosong dan menerima umpan dari kiri. Dasar apes, ia gagal mengarahkan bola ke gawang yang jaraknya hanya tiga meter.

Kegagalan Yakubu itu dilunasinya ketika mendapat hadiah penalti pada menit ke-69. Penalti diberikan setelah pemain pengganti, Kim Nam-il, melanggar Chinedu Ogbuke. Nigeria tinggal mencari satu gol lagi untuk lolos.

Akan tetapi, Dewi Fortuna tak memberkati Nigeria. Pada menit ke-80, Obafemi Martins tak terkawal di sayap kiri dan tinggal berhadapan dengan kiper. Martins berhasil melewatkan bola dari Sung-ryong, tetapi bola tak mau bergulir ke sasaran.

Sampai peluit panjang berbunyi, skor tetap 2-2 dan Korsel berhak menemani juara grup, Argentina, ke babak selanjutnya. Argentina meraih nilai sempurna setelah menekuk Yunani dengan skor 2-0. Di putaran selanjutnya, Argentina akan meladeni runner-up Grup A, Meksiko.

Susunan pemain: Nigeria: Enyeama; Odiah, Yobo (Echiejile 46), Shittu, Afolabi; Ogbuke, Etuhu, Ayila, Uche; Yakubu (Obinna 70), Kanu (Martins 57).

Korea Selatan: Sung-ryong; Du-ri, Jung-soo, Yong-hyung, Young-pyo; Chung-yong, Sung-yueng (Jae-sung 87), Jung-woo, Ji-sung; Ki-hun (Nam-il 64), Chu-young.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com