Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Italia Tertinggal oleh Sundulan Alcaraz

Kompas.com - 15/06/2010, 02:17 WIB

CAPE TOWN, Kompas.com - Mendominasi pertandingan, Italia justru harus tertinggal 0-1 saat turun minum. Bek kiri Antolin Alcaraz yang menjebol gawang "Gli Azzurri" pada menit ke-39, lewat sundulannya menyambut tendangan bebas Aureliano Torres dari sektor kiri pertahanan Italia.

Meskipun mendapat kawalan ketat, Alacaraz berhasil menjangkau bola yang melesak ke pojok kiri atas gawang. Gianluigi Buffon yang telanjur bergerak ke kanan pun terkecoh, sehingga dia hanya bengong melihat jala gawangnya bergetar.

Ini jadi modal penting Paraguay menghadapi paruh kedua duel penyisihan Grup F di Stadion Cape Town, Cape Town, Selasa (15/6/10). Jika bisa mempertahankan keunggulan, perjalanan Paraguay menuju putaran kedua sudah lebih ringan, karena tinggal bertemu dua  tim "lemah" Selandia Baru dan Slovakia.

Italia mengambil inisiatif menyerang sejak peluit kick-off berbunyi. Aliran bola dari tengah yang dilakukan oleh Riccardo Montolivo dan Daniele De Rossi, membuat "Gli Azzurri" terus mendominasi pertandingan sambil mencari peluang mencetak gol.

Namun, usaha tim besutan pelatih Marcello Lippi ini tak kunjung menuai hasil karena rapatnya barisan pertahanan Paraguay. "La Albirroja", yang tampaknya lebih siap menerima serangan Italia, tak membiarkan duet Vincenzo Iaquinta dan Alberto Gilardino berdiri bebas di dalam kotak penalti. Sehingga, sampai dengan 15 menit pertama, tak ada peluang yang membahayakan gawang Paraguay.

Baru pada menit ke-20, Italia memiliki kesempatan untuk mengoyak jala Justo Villar. Sayang, Montolivo yang menerima umpan panjang dari belakang, tidak terlalu cepat untuk melakukan serangan balik. Setelah melewati garis tengah dan tinggal menghadapi dua pemain belakang lawan, dia buru-buru melepaskan tendangan ke arah gawang, yang dengan mudah ditangkap Villar.

Usai peluang itu, Paraguay pun meresponsnya dan gantian menekan pertahanan Italia. Setali tiga uang, "Los Guaranies" pun tidak mampu menembus barikade pertahanan Italia yang dikoordinir kapten Fabio Cannavaro.

Menit ke-29, Italia membuat barisan belakang Paraguay berjibaku, ketika mereka mendapat tendangan pojok. Untung, Antolin Alcaraz sangat sigap mengantisipasi bola tendangan De Rossi yang diarahkan ke mulut gawang, karena sambil terbang, dia berhasil menghalau bola dengan kakinya.

Terus mendominasi pertandingan, gawang Italia justru kebobolan pada menit ke-39. Alcaraz yang menjadi mimpi buruk bagi Gli Azzurri, karena sundulannya untuk membelokkan arah bola tendangan bebas Aureliano Torres, mengoceh Gianluigi Buffon. Meskipun mendapat kawalan dari sekitar empat pemain Italia, kepala Alcaraz berhasil menjangkau si kulit bundar yang melesak ke pojok kiri atas gawang, sedangkan Buffon sudah telanjur bergerak ke kanan. Skor 1-0 bertahan sampai jeda.

- Susunan pemain

Italia: 1-Gianluigi Buffon; 4-Giorgio Chiellini, 5-Fabio Cannavaro, 3-Domenico Criscito, 19-Gianluca Zambrotta; 6-Daniele De Rossi, 22-Riccardo Montolivo, 15-Claudio Marchisio, 7-Simone Pepe; 11-Alberto Gilardino, 9-Vincenzo Iaquinta.

Paraguay: 1-Justo Villar; 21-Antolin Alcaraz, 14-Paulo Da Silva, 3-Claudio Morel Rodriguez, 6-Carlos Bonet; 15-Victor Caceres, 16-Cristian Riveros, 17-Aureliano Torres, 13-Enrique Vera; 19-Lucas Barrios, 18-Nelson Haedo Valdez.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com