Kecepatan Inggris Dibayar Kesalahan Kiper

Kompas.com - 13/06/2010, 02:17 WIB
EditorLaksono Hari W

RUSTENBURG, KOMPAS.com - Dalam waktu 3 menit 32 detik, Inggris sudah unggul 1-0 atas Amerika Serikat pada duel penyisihan Piala Dunia 2010, Sabtu (12/6/2010). Namun, AS berhasil menyamakan skor berkat blunder kiper Inggris. Skor sementara 1-1 hingga turun minum.

Gol pertama Inggris itu diciptakan oleh kapten Steven Gerrard. Berawal dari umpan Emile Heskey, Gerrard membawa bola ke kotak penalti melewati Ricardo Clark. Dengan sisi luar kaki kanannya, pemain Liverpool itu mengarahkan bola ke kiri kiper Tim Howard.

AS merespons gol itu dengan mendesak Inggris lewat aksi pemain sayap Landon Donovan dan Clint Demsey. Peluang tercipta pada menit ke-18 ketika Donovan meluncurkan crossing panjang kepada Jozy Altidore di depan gawang Robert Green. Inggris selamat karena Altidore gagal menyentuh bola.

Inggris kemudian mengambil kendali permainan dengan mengandalkan kecepatan baik menyerang maupun ketika harus kembali ke belakang. Akan tetapi, Gerrard dkk masih belum bisa menembus sepertiga lapangan "The Yankees".

"The Three Lions" justru kena hukuman akibat kesalahan fatal yang dilakukan kiper Robert Green. Di menit ke-40, Demsey berhasil melepas tembakan ke tengah gawang. Bidikannya mengarah tepat kepada Green, tapi tangannya tak lengket memegang bola. Bola malah bergulir ke belakang dan melewati garis gawang.

Susunan pemain: Inggris: Green; Johnson, King, Terry, A. Cole; Lennon, Lampard, Gerrard, Milner (Wright-Phillips 30); Heskey, Rooney.

AS: Howard; Cherundolo, DeMerit, Onyewu, Bocanegra; Donovan, Bradley, Clark, Dempsey; Findley, Altidore.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X