Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Messi Belum Sehebat Pele dan Maradona

Kompas.com - 23/03/2010, 18:12 WIB

BARCELONA, KOMPAS.com — Mendapat pujian selangit dari banyak orang tak membuat Lionel Messi lupa diri. Striker Barcelona itu menganggap dirinya belum seberapa dibandingkan dengan pemain-pemain legendaris seperti Johan Cruyff atau Diego Maradona.

Setelah Messi mencetak hat-trick dalam dua laga berturut-turut di Liga Spanyol, pujian terus-menerus mengalir untuk pemain 22 tahun itu. Pelatih Josep Guardiola sampai kehabisan kata-kata untuk menggambarkan kegesitan dan kecerdasan "Si Kutu". Rekan satu timnya, Pedro Rodriguez, menyebut Messi lebih baik dari legenda sepak bola Argentina, Maradona.

Messi juga mulai disebut-sebut sebagai pemain modern yang akan masuk sejarah sepak bola yang pernah diisi oleh pemain legendaris, seperti Alfredo Di Stefano, Pele, Cruyff, dan juga Maradona. Namun, pemain asal Argentina itu menganggap dirinya belum seberapa dibanding para pendahulunya itu. "Untuk menjadi legenda, Anda harus menang Piala Dunia," kata Messi kepada El Mundo.

Penampilan Messi di timnas Argentina memang tak sebaik permainannya di Barca. Andai tim "Tango" gagal meraih kemenangan pada laga-laga terakhir kualifikasi Piala Dunia 2010, Messi mungkin tak akan berangkat ke Afrika Selatan dan ikut turnamen itu untuk kedua kalinya. "Aku baru 22 tahun. Semua terjadi sangat cepat dan kami harus tenang," kata Messi menanggapi pertanyaan soal rekor-rekor lain yang mungkin bakal ia pecahkan.

Karena usianya masih muda, Messi masih bisa mengubah garis hidupnya pad masa mendatang. El Pais mencatat, Messi sudah mencetak 114 gol untuk "Los Cules" dan mengoleksi 13 trofi bersama Barca dan "Albiceleste".

Bandingkan prestasi itu dengan Cruyff, yang mencatat 132 gol pada usia 23 tahun pada 1970, tetapi hanya menghasilkan empat gelar liga dan dua titel Piala KNVB bersama Ajax. Di Stefano, pada umur 23 tahun, mencetak 63 gol dan memenangi dua gelar liga bersama River Plate pada 1945 dan 1947, plus Liga Kolumbias bersama Millonarios pada 1949. Baik Cruyff maupun Di Stefano tak pernah menjuarai Piala Dunia.

Adapun Pele dan Maradona sama-sama pernah menjadi juara dunia. Pada 1963, saat usianya 23, Pele mencatat 305 gol bersama Santos dan sudah dua kali juara dunia. Maradona baru berusia 22 tahun saat memutuskan pindah ke Barcelona dan mencapai sukses setahun kemudian. Ia menjadi tokoh sentral kemenangan Argentina pada Piala Dunia 1986.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com