Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jatuh dari Tembok, Suporter Persik Tewas

Kompas.com - 10/02/2010, 03:42 WIB

Kediri, Kompas - Laga perdana putaran kedua Djarum Liga Super Indonesia, Persik Kediri melawan Persib Bandung, di Stadion Brawijaya, Kediri, Jawa Timur, Selasa (9/2), diwarnai insiden tewasnya seorang pendukung tuan rumah dan empat orang yang lain mengalami luka serius. Pertandingan itu berakhir untuk kemenangan ”Maung Bandung” dengan skor 3-1.

Baik korban tewas maupun pendukung yang luka langsung dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah Gambiran, Kediri.

Korban tewas setelah terjatuh dari tembok tribune stadion setinggi 10 meter. Identitas korban tidak diketahui karena petugas tidak menemukan tanda pengenal di tubuhnya.

Menurut panitia penyelenggara pertandingan Persik Kediri, Bambang Sumaryono, sebelum jatuh dan tewas, korban sempat berkelahi dengan sesama pendukung Persik atau Persikmania yang kemudian ditangkap polisi.

Adapun korban mengalami luka akibat berkelahi saat pertandingan berlangsung. Perkelahian dipicu kondisi stadion yang sesak karena diisi 22.000 penonton lebih atau melebihi kapasitas normal stadion yang hanya mampu menampung 15.000 orang.

Membeludaknya penonton karena panpel menjual tiket dengan potongan setengah harga. Potongan harga diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada Persikmania yang berulang tahun kesembilan, 8 Februari 2010.

Selain itu, pertandingan juga dihentikan dua kali. Ketika babak pertama, laga berhenti beberapa menit akibat sambaran petir. Memasuki babak kedua, pertandingan tertunda hingga 15 menit karena wasit Ole Hadi dari Jakarta menolak masuk ke lapangan karena membeludaknya Persikmania hingga ke ring satu.

Dalam laga tersebut, tim ”Macan Putih” dipermalukan Persib Bandung lewat dua gol Hilton Moreira pada menit ke-22 dan menit ke-81 serta gol Cristian Gonzales pada menit ke-56. Satu-satunya gol balasan Persik diciptakan Amarildo Souza lewat titik penalti pada menit ke-57.

Pada pertandingan lainnya, Persijap Jepara memenangi laga atas tamunya Persiwa Wamena 4-1 di Stadion Gelora Bumi Kartini, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Gol Persijap dilesakkan Noorhadi pada menit ke-7, Pablo Frances (menit ke-41 dan ke-74), serta Doni Siregar pada menit ke-44. Persiwa mencuri satu gol lewat tendangan bebas Pieter Romaropen pada menit ke-67.

Menjelang pertandingan di kandang pada Rabu (10/2), Pelita Jaya menargetkan kemenangan atas Persitara Jakarta Utara ketika berlaga di Stadion Singaperbangsa, Karawang.

Direktur PT Nirwana Pelita Jaya, badan pengelola Pelita Jaya, Rahim Sukasah mengakui, kemenangan mutlak diperlukan untuk mengangkat posisi timnya yang berada di peringkat ke-18.

PSM Makassar juga mematok target untuk meraih poin penuh saat melawan Arema Indonesia di Stadion Mattoangin Gelora Andi Mattalatta, Makassar. Sementara itu, Persebaya Surabaya menginginkan revans atas Sriwijaya FC di kandang meskipun tidak akan disaksikan penonton karena terkena hukuman dari Komisi Disiplin PSSI.

(NIK/WEN/ROW/SIN/SAM/ILO)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com