Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liga Pendidikan Indonesia tak Ganggu Ujian Peserta

Kompas.com - 16/12/2009, 16:32 WIB

JAKARTA, Kompas.com - Ketua panitia nasional Liga Pendidikan Indonesia (LPI) Prof Toho Cholic Mutohir MA menjamin, LPI tidak akan mengganggu persiapan ujian para pesertanya. Menurut Toho, pihaknya sudah memikirkan jadwal pertandingan LPI yang disesuaikan dengan hari libur sekolah.

"Kami menjamin bahwa pelaksanaan LPI tidak akan menganggu persiapan ujian akhir para siswa peserta LPI yang masih duduk di bangku SMP dan SMA, karena pelaksanaan pertandingannya digelar saat hari libur," ungkapnya di Sekretariat LPI yang ada di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Rabu (16/12/09).

Dikatakannya, LPI digelar serentak mulai bulan Januari 2010 di 275 kabupaten dan kota seluruh Indonesia. Babak putaran final akan digelar minggu kedua bulan April 2010, dan pelaksanaannya juga hanya memerlukan waktu yang tak lama, hanya sekitar satu minggu, tuturnya.

Sementara babak penyisihan di tingkat kabupaten dan kota, sekolah para juara akan mewakili daerahnya untuk tampil di putaran berikutnya tingkat provinsi untuk memperebutkan Piala Gubernur. Menurutnya, panitia nasional mengagendakan putaran final nasional di Jakarta sekitar minggu kedua bulan April 2010. Di tingkat nasional ini, peserta akan memperebutkan piala Presiden RI yang akan digelar di Jakarta.

Meski secara umum LPI digelar awal Januari 2010, namun diakui Toho, sudah ada delapan kabupaten dan kota yang sudah memulai seperti di kota Mataram NTB, kota Padangpanjang (Sumbar), kota Palopo (Sulsel), kabupaten Pemalang (Jateng), kabupaten Jombang (Jatim) dan kabupaten Kediri (Jatim).

Bagi para peserta LPI yang terdiri dari SMP, SMA dan Perguruan Tinggi (PT), panitia LPI memberikan kartu komunitas LPI yang harus ditebus dengan harga Rp 30 ribu per pemain atau Rp 750 ribu per tim yang terdiri dari 20 pemain dan 5 ofisial. Dana tersebut nantinya bisa disetorkan ke kantor pos di setiap daerah untuk pembelian kartu komunitas LPI tersebut.

LPI, diakui Toho, mendapat dukungan penuh dari Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas), Menteri Pemuda dan Olahraga serta Ketua Umum PSSI. "Bahkan bapak Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono pun sempat meresmikan LPI tanggal 5 Juni 2009 lalu," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com