Persisam Putra Lepas 27 Pemain - Kompas.com

Persisam Putra Lepas 27 Pemain

Kompas.com - 23/07/2009, 18:45 WIB

SAMARINDA, KOMPAS.com - Persisam Putra Samarinda, Kalimantan Timur, memertahankan 3 pemain dari 30 pemain Divisi Utama lalu. Klub menghabiskan Rp 18 miliar untuk membeli sejumlah pemain terkenal demi mencapai target empat besar pada Super Liga Indonesia mendatang.

Tiga pemain yang dipertahankan ialah Syaiful Lewenusa (pemain belakang), Akbar (gelandang), dan Gantar (gelandang). Mereka masih muda dan permainannya cukup baik, kata General Manager Persisam Putra Aidil Fitri di Samarinda, Kamis (23/7).

Padahal, klub sempat diperkuat sejumlah pemain andal yang mengantarkan "Elang Borneo" menjuarai Divisi Utama 2008-2009. Namun, Kurniawan Dwi Yulianto, Ilham Jaya Kesuma, dan Uston Nawawi yang mantan pemain tim nasional malah didepak. Nasib serupa dialami oleh Aldo Bareto (penyerang), J Ortiz (gelandang), dan Jardel Santana (gelandang). Mereka termasuk dalam 27 pemain yang tak diminati lagi.

Namun, Persisam Putra sukses mendapatkan pelatih dan empat pemain Persik Kediri. Mereka adalah Aji Santoso (pelatih), Ronald Fagundez (gelandang), Hamka Hamzah, Usep Munandar, dan M Robby (ketiganya pemain belakang) tim berjuluk Macan Putih itu.

Persisam Putra juga sukses meminang penyerang Persib Bandung Zainal Arif, gelandang Deltras Sidoarjo Danilo Fernando, dan pemain belakang Sriwijaya FC Palembang Tsimy.

Fagundez dibanderol Rp 1,3 miliar. Tsimy dan Danilo masing-masing Rp 1,1 miliar, kata Aidil yang juga Ketua PSSI Samarinda.

Persisam Putra batal mendatangkan penyerang Thailand Teerasil Dangda tetapi berambisi merekrut dua penyerang masing-masing dari Hongkong dan daratan Tiongkok yang namanya masih dirahasiakan. Elang Borneo juga merekrut sembilan pemain Persisam U-23.

Terkait dengan pendanaan guna musim mendatang, lanjut Aidil, Persisam Putra mengusulkan agar mendapat alokasi APBD Kota Samarinda Rp 30 miliar. Klub menargetkan mendapat sumbangan Rp 14 miliar dalam setahun dari 70 pemegang kuasa pertambangan batu bara yang dimintai Rp 20 juta per bulan.

Menurut Aidil, dana Rp 1 miliar akan didapat dari sponsor besar Bankaltim. Sponsor besar lainnya yang dipastikan mendukung Persisam Putra ialah produsen pakaian dan perlengkapan olahraga Lotto. Lotto memberi barang-barang berupa seragam dan segala perlengkapannya senilai Rp 1,5 miliar, katanya.


Editor

Close Ads X