Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemilik Liverpool Himpun Dana Ringankan Utang

Kompas.com - 22/06/2009, 09:22 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Salah satu pemilik Liverpool, George Gillet Jr, akan menjual kepemilikan sahamnya di klub hoki es Kanada demi meringankan beban utang klub tersebut.

Harian The Times menyebutkan, Gillet akan melepas 80,1 persen saham di tim hoki es Montreal Canadiens senilai 330 juta poundsterling atau sekira Rp 5,6 triliun kepada keluarga Molson, pemilik saham lainnya di klub itu. Uang tersebut akan digunakan Gillet untuk menutup utang Kop Football Ltd, induk perusahaan pemilik "The Reds", kepada Royal Bank of Scotland (RBS) dan Wachovia sebesar 350 juta poundsterling atau hampir Rp 6 triliun. Jumlah itu belum termasuk dengan bunga sebesar 36,5 juta poundsterling dan semuanya harus dibayarkan sebelum 31 Juli 2008.
Gillet masih dapat menutupi kekurangan utang itu dengan menjual sebagian sahamnya di klub Texas Rangers. Saat ini pengusaha asal Amerika Serikat itu memiliki 95 persen saham dengan harga tak kurang dari 405 juta dollar AS atau hampir Rp 4,2 triliun di klub baseball tersebut.

Meski harus menjual asetnya di kedua klub tersebut, Gillet masih harus menghadapi kesulitan untuk mendatangkan pemain baru di Anfield. Rencana "The Kop" untuk menyediakan 30 juta poundsterling di bursa transfer musim panas ini bakal tersendat jika pelatih Rafael Benitez tidak menjual sebagian pemainnya. Benitez, misalnya, harus mengeluarkan 18,5 juta poundsterling untuk membeli bek kanan Portsmouth, Glen Johnson.

Liverpool juga masih punya "utang" kepada para penggemarnya, yakni membangun stadion baru di Stanley Park, dekat Anfield. Pembangunan stadion berkapasitas tempat duduk 60.000 penonton ini diperkirakan akan memakan biaya antara 200 juta dan 400 juta poundsterling. (*)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com