Totti Beri Kado Kekalahan bagi Maldini

Kompas.com - 24/05/2009, 22:09 WIB
Editor

MILAN, KOMPAS.com - Kapten AS Roma, Francesco Totti, memberi kado buruk kepada AC Milan. Gol Totti pada menit ke-84 mengalahkan Milan pada duel terakhir Paolo Maldini di San Siro, Minggu (24/5).

Usai mencatat rekor 900 kali tampil bersama "I Rossoneri" pekan lalu, Maldini memutuskan akan berhenti bermain setelah laga lawan "I Lupi" itu. Milan berharap menang dalam duel giornata ke-37 tersebut demi meraih tiket langsung ke fase grup Liga Champions musim depan. Tiket ini akan menjadi penghargaan paling besar dari Milan kepada Maldini.

Apa boleh buat, semua impian itu buyar di hadapan pendukung Milan. Roma yang juga mengincar kemenangan untuk memastikan tiket Piala UEFA mampu mengimbangi kengototan tuan rumah. Dua kali Rodrigo Taddei dan Matteo Brighi mengancam gawang Nelson Dida di awal laga walaupun semuanya gagal karena kesigapan Milan.

Tuan rumah sebetulnya juga main beringas lewat kengototan Filippo Inzaghi. Akan tetapi, usahanya kerap gagal karena jebakan offside maupun cegatan lawan. Pippo beberapa kali tampak kecewa karena merasa dijatuhkan di kotak penalti tapi wasit mendiamkan kejadian tersebut.

Milan justru kebobolan lebih dulu saat Roma mendapat hadiah tendangan bebas John Arne Riise pada menit ke-36. Tendangan mantan pemain Liverpool itu tak mampu diselamatkan oleh Dida meskipun sang kiper masih bisa menjangkaunya.

Hingga akhir babak pertama, Milan terus memburu gol melalui Inzaghi dan Ricardo Kaka, tapi semuanya berujung nihil. Skor 1-0 tetap berlanjut hingga babak kedua dimulai.

Pada menit ke-67, Kaka nyaris menyamakan skor tapi tendangannya ditepis oleh Artur. Beberapa detik kemudian, giliran Massimo Ambrosini gagal memerdayai kiper kedua Roma tersebut.

Tujuh menit kemudian, barulah Artur menyerah kepada Ambrossini. Usai menepis tendangan Pippo, Artur tak siap menahan tembakan keras Ambrossini, yang menyambar bola muntah.

Tak ingin hasil imbang, pelatih Roma Luciano Spaletti langsung memasukkan Jeremy Menez untuk mempertajam lini depan. Baru masuk, Menez sudah mengancam gawang Milan dari sayap kiri. Kali ini Maldini tidak kuasa beradu lari lawan Menez, tapi Giuseppe Favalli berhasil membendung tembakannya.

Namun, upaya kedua dari Menez pada menit ke-79 benar-benar tak terbendung lawan. Lagi-lagi Maldini kalah dalam adu lari dan Favalli gagal mengadang sepakan menyusur tanah dari Menez di sayap kiri.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X