Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

McManaman: Liverpool Paling Kreatif di Inggris

Kompas.com - 30/04/2009, 02:55 WIB

LIVERPOOL, KOMPAS.com — Mantan pemain Inggris, Steve McManaman, percaya bahwa Liverpool ini menjadi tim terbaik di Liga Inggris. "The Reds" lebih kreatif dibanding Manchester United.

Saat ini Liverpool berada satu peringkat di bawah MU dengan selisih tiga poin. Namun, Liverpool menjadi tim paling subur dengan 66 gol dan ini membuat selisih gol yang dikemasnya lebih banyak dibanding "Setan Merah". Keduanya pun saling susul di puncak klasemen meskipun MU masih menyisakan satu pertandingan lebih banyak.

Inilah yang membuat McManaman yakin bahwa bekas klubnya itu lebih kreatif mencetak gol. Meski lini belakang "The Kop" lebih banyak bobol dibanding MU, serangan-serangan Liverpool lebih banyak menghasilkan poin.

"Mereka memang tak mendapat hasil terbaik, tapi mereka jelas-jelas merupakan tim terbaik," kata McManaman kepada Liverpool Echo. "Biasanya Anda akan bilang United adalah tim paling kreatif, tapi bukan, saat ini Liverpool. Sayangnya, mereka kebobolan lebih baiknya."

Hal ini diamini oleh gelandang serang Dirk Kuyt. Kuyt menilai bahwa permainan Liverpool semakin baik dari tahun ke tahun. Baik McManaman maupun Kuyt menyatakan bahwa kerja sama antarpemain semakin bagus karena mereka semakin memahami permainan satu sama lain.

"(Yossi) Benayouns, (Albert) Riera, sesuatu terjadi selama empat atau lima laga terakhir dan mereka semakin padu. Mereka semua menguasai bola, mereka semua agresif, dan mereka tidak memberi ruang bagi lawan untuk mengumpan," lanjut McManaman.

"Tim ini semakin baik dan baik dan aku kira hal terpenting adalah kami meluangkan banyak waktu untuk bermain bersama," kata Kuyt melalui Liverpoolfc.tv. "Sebagian besar pemain telah bermain beberapa tahun dan ini sangat positif."

Kuyt saat ini lebih banyak dipasang sebagai gelandang yang menyisir sayap kanan "The Kop". Meski tempat ini bukanlah posisi yang biasa ia perankan selama membela Feyenoord, tetapi Kuyt menikmati peran barunya ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com