Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanpa Gol Lagi, Langkah Portugal Makin Berat

Kompas.com - 29/03/2009, 07:28 WIB

PORTO, KOMPAS.com - Portugal semakin sulit menembus kualifikasi Piala Dunia 2010 setelah bermain imbang tanpa gol lawan tamunya, Swedia. Hasil ini membuat Portugal tertahan di urutan ketiga Grup 1, di bawah Denmark dan Hungaria.

Kegagalan Cristiano Ronaldo dkk ini menambah catatan buruk bagi pelatih Carloz Queiroz. Sejak dikalahkan oleh Denmark pada September silam, tim "Seleccao" tak pernah sekalipun mencetak gol di tiga pertandingan terakhirnya.

Dalam duel semalam, tuan rumah dibuat frustrasi oleh Swedia. Mendominasi permainan babak pertama, Tiago hampir mencetak gol pada menit ke-17. Namun, tendangannya terlalu mudah dipatahkan oleh kiper Andreas Isaksson.

Upaya Ronaldo menaklukkan Isaksson selalu gagal karena bidikannya melenceng dari gawang. Crossing Duda pada menit ke-24 pun hanya membentur mistar setelah ditepis oleh Isaksson. Tuan rumah justru mendapatkan pukulan berat setelah bek Jose Bosingwa mengalami cedera.

Di babak kedua, buruknya penyelesaian akhir dari Portugal semakin membuat upaya mereka sia-sia. Swedia sendiri tak dapat berbuat banyak karena striker Zlatan Ibrahimovic harus menjalani hukuman skors. Peluang terbaik bagi tim tamu tercipta sepuluh menit usai jeda saat bidikan jarak dari Johan Elmander membentur Ricardo Carvalho.

Masuknya playmaker Deco pada menit ke-62 sebetulnya mengubah permainan Portugal. Namun, tak cukup waktu bagi mereka untuk mempertajam serangan ke gawang lawan.

Dengan tambahan satu angka, Portugal kini hanya meraih enam poin atau empat angka di bawah Denmark dan Hungaria. Denmark semakin kuat setelah mengalahkan Malta dengan 3-0, sementara Hungaria menaklukkan Albania dengan 1-0.

Susunan pemain
Portugal:
Eduardo; Bosingwa (Rolando 46), Pepe, Carvalho, Alves; Duda, Tiago (Deco 62), Raul Meireles, Danny (Almeida 66); Simao, Ronaldo
Swedia: Isaksson; Johansson, Mellberg, Majstorovic, Nilsson; Elm, Kallstrom, Svensson (S. Larsson 81), Holmen (Wilhelmsson 57); Elmander (Berg 86), Larsson

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com