Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mourinho: Santon Bukan Ingusan, Dia Hebat

Kompas.com - 27/02/2009, 01:04 WIB

ROMA, JUMATDefender Inter Milan, Davide Santon, tak henti-hentinya mendapat pujian dari pelatih. Setelah pelatih Italia, Marcello Lippi, kini giliran pelatih Inter, Jose Mourinho, menegaskan kekagumannya atas pemuda 18 tahun tersebut.

Santon tampil apik saat timnya menjamu Manchester United pada 16 besar Liga Champions di Giuseppe Meazza, Rabu (25/2). Meski belum punya pengalaman, ia tampil tidak seperti pemain ingusan yang tak dapat berbuat apa-apa. Di debutnya tersebut, pemain berusia 18 tahun itu langsung mengisi daftar starting line-up menggantikan bek senior Maxwell.

"Saya pikir ini saat yang tepat bicara soal Santon, yang bermain fantastis di duel pertamanya di Liga Champions," kata Mourinho. "Kita tak dapat bilang dia hanya talenta hebat, dia sudah menjadi pemain hebat."

Selama bermain 90 menit, Santon berhasil membersihkan serangan-serangan Cristiano Ronaldo maupun Wayne Rooney di pertahanan kiri "I Nerazzuri". Ia sebetulnya punya kekuatan di kaki kanan, tapi beroperasi sebagai sayap murni di kiri. Maka, wajar jika serangan-serangannya kurang maksimal di sektor tersebut. Lagi pula, Inter sudah memiliki pemain kuat di sektor kanan, yakni melalui aksi Douglas Maicon.

Selain teknik, Mourinho juga memuji kedewasaan pemain asli didikan Inter tersebut. Sikapnya, baik di luar dan di dalam lapangan, telah membuat hati "The Special One" terpikat. "Mudah bagi pelatih memainkan pemain 18 tahun jika ia berlaku dewasa," ujar Mourinho bulan lalu. "Di luar lapangan, Santon orang yang rendah hati, kebalikan saat dia berada di lapangan."

Karena kematangan Santon itu, Mourinho tidak ragu menampilkan Santon dalam duel lawan AS Roma, Minggu (1/3) nanti. Di paruh musim, "La Beneamata" menghajar "I Lupi" dengan skor 4-0. Kali ini, Inter berkesempatan mengulanginya di Giuseppe Meazza, apalagi Roma bakal tampil tanpa bek tengah Juan dan gelandang Alberto Aquilani akibat cedera. (AP)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com