"Hayati" Chendra Effendy Panatan di TUK - Kompas.com

"Hayati" Chendra Effendy Panatan di TUK

Kompas.com - 17/12/2008, 00:13 WIB

JAKARTA, RABU--Koreografer Chendra Effendy Panatan, penerima dukungan Hibah Seni dari Kelola yang didanai Hivos akan mementaskan karya tari berjudul Hayati di Teater Utan Kayu.

Pertunjukan akan berlangsung selama dua hari berturut-turut yaitu tanggal 18 dan 19 Desember. Masing-masing pertunjukannya akan dimulai pukul 20.00 WIB.

Karya ini akan melibatkan beberapa penari, di antaranya adalah Maniratari dari Solo, Siko Setyanto, Adisna Kumara, Marich Prakoso, Kreativitat Dance Jakarta, Sekar Arum Nirmala dan Eliza Hadiyati.

Konsep karya Hayati bertolak dari 'diam' dalam seni tari dan 'sunyi' dalam seni musik. Karya kolaborasi Chendra dan Metadomus ini akan menjelajah media 'gerak' yang bukan hanya gerak tari dan media bunyi yang bukan hanya bunyi musik sehingga diharapkan mampu menemukan materi gerak dan bunyi yang baru.
 
Alam sebagai sumber dan media dari gerak dan bunyi akan menjadi pijakan dalam karya kolaborasi ini. Kembali kea lam merupakan lngkah awal eksplorasi. Pencarian bentuk gerak dan sumber bunyi alam akan mendasari proses kreatif dari koreografer dan composer. Dengan melihat dan menyelami kehidupan dalam alam semesta serta mencari hakikat dasar dari gerak dan bunyi sehingga tercipta suatu karya seni.


Editor

Close Ads X