Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayam Taliwang Gianyar

Kompas.com - 16/11/2008, 07:15 WIB

Ayam taliwang identik dengan Lombok, tetapi migrasi lintas pulau membuat menu taliwang hadir sampai di Jakarta. Apalagi di Bali, pulau yang hanya sepelemparan batu dari Lombok.

Di Denpasar ada beberapa rumah makan menawarkan ayam taliwang, tetapi sebaiknya kalau ada waktu Anda juga mampir ke Pondok Taliwang di Jalan Prof Dr Ida Bagus Mantra Km 14, Lebih, Gianyar.

Bila Anda berada di kawasan Sanur, tempat makan itu hanya berjarak setengah jam naik mobil, berada di sebelah kanan jalan lingkar luar menuju Bali timur.

Di tempat makan bergaya lesehan di pondok-pondok bambu dengan dikelilingi taman itu, tamu bisa melihat pantai Lebih bila memesan tempat di satu-satunya bangunan bambu berlantai dua di sana.

Sesuai dengan namanya, tempat makan yang dikelola pasangan suami-istri I Gusti Nyoman Wirawan (37) dan Ni Luh Erta Santiani (35) ini menyajikan menu ayam taliwang dan tentu saja dengan pelengkapnya, yaitu sambal beberuk yang terbuat dari terung dan plecing kangkung.

Namun, bukan ayam jantan usia 40 hari utuh yang dagingnya terasa lembut di mulut itu yang membuat Pondok Taliwang berbeda. Selain rasa bumbunya yang mantap, yang lebih menarik adalah tempat ini menyajikan juga gurami, kepiting, cumi, udang, dan kerapu yang diberi bumbu taliwang.

Penasaran dengan penjelasan Wirawan yang punya usaha kontraktor, tetapi rajin membantu istrinya di rumah makan mereka, saya mencoba memesan ayam dan kepiting taliwang, lengkap dengan plecing kangkung dan sambal beberuk.

Ternyata Wirawan tidak berlebihan ketika mengatakan meskipun memakai bumbu yang sama, rasa yang dihasilkan akan berbeda bila bahan makanan yang dipakai berbeda.

Serba segar

Udara siang pada Selasa (4/11) tidak terlalu panas karena hujan baru saja turun. Siang itu hanya ada satu tamu lain yang memilih tempat di pondok atas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com