Iran Lawan Emirat Arab, Ahmadinejad Turun Tangan

Kompas.com - 01/06/2008, 17:01 WIB
Editor

TEHERAN, MINGGU - Senin (2/6) ini, Iran akan menghadapi pertarungan penting lawan Uni Emirat Arab (UEA) dalam babak kualifikasi Piala Dunia 2010 Grup 5 Zona Asia. Presiden Iran, Mahmoud Ahmadinejad pun ikut turun tangan.

Ini memang partai krusial. Iran yang merupakan langganan Piala Dunia, kini berada di urutan ke-2 di bawah UEA. Iran baru mengumpulkan nilai 2, sedangkan UEA memimpin dengan nilai 4.

Sayangnya, menjelang pertandingan ini justru muncul percekcokan di tubuh Iran. Mantan bintang Bayern Muenchen, Ali Karimi, berselisih dengan federasi sepakbola Iran. Akibatnya, Karimi pun diancam tak akan masuk dalam skuad Iran.

Ini jelas kerugian besar buat Iran. Sebab, dia termasuk salah satu pemain terbaik dan andalan Iran. Sebab itu, Ahmadinejad terpaksa turun tangan. Dia meminta timnas Iran tetap memasukkan Karimi saat melawan UEA. Harapannya, Iran akan bermain solid dan mampu meraih kemenangan. Sebab, hanya dengan kemenangan Iran bisa memimpin klasemen dan menggeser posisi UEA.

Tampil di kandang sendiri, Iran memang berpeluang untuk memenangkan pertandingan. Namun UEA juga menalami kemajuan berarti setelah dilatih Bruno Metzu, pelatih asal Perancis yang pernah membawa Senegal lolos ke putaran final Piala Dunia untuk pertama kaliny pada 2002.

UEA juga bertekad akan meladeni setap permainan Iran. Untuk memenangan pertandingan mungkin bakal berat. Tapi, setidaknya UEA yakin mampu menahan imbang.

"Hasil seri saja sudah cukup buat UEA untuk mempertahankan posisi di tempat teratas Grup 5. Tapi, kami tidak akan hanya mengejar hasil seri. Kami akan tetap menerapkan permanan menyerang seperti biasanya," ancam Bruno Metsu.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya yakin dengan kemampuan para pemain saya. Saya juga optimistis bisa meraih hasil positif di Teheran," tambahnya. (AP/HPR)



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X