Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bek Persib Daisuke Sato Belum Putuskan Perkuat Timnas Filipina

BANDUNG, KOMPAS.com - Panggilan bek Persib Bandung, Daisuke Sato, ke Timnas Filipina mendapatkan hambatan. 

Hal itu tidak lepas dari bentroknya jadwal pertandingan Persib di Liga 1 2022-2023 dan agenda Timnas Filipina di FIFA Match Day yang akan bermain di Kuwait (24/3/2023) dan di Doha (28/3/2023).

Bila Sato pergi membela Timnas Filipina, ia berpotensi absen pada dua laga Maung Bandung sekaligus. 

Laga Persib vs Dewa United dijadwalkan berlangsung pada Senin (20/3/2023), berlanjut ke partai tunda Persib vs Bhayangkara FC pada Jumat (24/3/2023). 

Kalender FIFA Matchday memang berlangsung pada 20-28 Maret 2023.

Sato mengaku senang bisa dipanggil kembali ke skuad tim nasional setelah melewatkan panggilan di Piala AFF 2022. 

“Menjadi kehormatan bagi setiap pemain untuk membela tim nasional dan saya merasa sangat senang bisa dipanggil,” kata pemilik 54 caps bagi timnas Filipina tersebut pada Kamis (16/3/2023).

Kendati begitu, ia sulit untuk menjawab kapan akan bergabung dengan situasi jadwal yang berbenturan antara negara dan klubnya.

Pada satu sisi, Sato sudah berkomitmen untuk tetap berjuang dengan Persib guna meraih gelar juara. Namun, di sisi lain ia tak bisa mengabaikan panggilan negara.

“Ini pertanyaan cukup sulit. Sejak saya gabung ke klub ini saya punya janji kepada diri sendiri bahwa saya punya mimpi besar untuk mewujudkan keinginan menjadi juara liga,” papar bek berusia 28 tahun tersebut. 

“Saya sudah berbicara dengan klub soal situasi yang saya hadapi dan sulit bagi saya meninggalkan klub. Jadi, kita lihat nanti apakah saya akan pergi atau tidak,” ungkapnya.

Sato belum bisa memastikan apakah ia akan bergabung sesegera mungkin dengan Timnas Filipina asuhan Josep Maria Ferre Ybarz. 

Mungkin saja ia akan menetap dengan klub dan melanjutkan perjuangan di sisa enam laga kompetisi.

“Saya belum bisa mengatakan itu sekarang karena dari klub dan federasi akan berbicara lebih dulu,” ujar pemain kelahiran Davao City, Filipina, tersebut.

“Namun, satu hal yang jelas saya ingin mewujudkan mimpi menjadi juara bersama Persib. Jadi saya ingin bekerja keras dengan teman-teman dan dari sana kami akan membuat keputusan."

https://bola.kompas.com/read/2023/03/16/21092878/bek-persib-daisuke-sato-belum-putuskan-perkuat-timnas-filipina

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke