Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

PSSI Dapat Rp 86 Miliar dari FIFA untuk Pembangunan Training Camp

KOMPAS.com - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) mendapatkan dana sebesar 5,6 juta dollar Amerika Serikat atau sekitar Rp 86,4 miliar dari FIFA. 

Dana tersebut akan digunakan untuk pengembangan sepak bola nasional termasuk pembangunan tempat pelatihan atau training camp. 

Hal itu disampikan langsung oleh Ketua Umum PSSI Erick Thohir setelah acara peluncuran produk resmi Piala Dunia U20 2023 di Jakarta, Rabu (8/3/2023). 

"FIFA mempunyai program Forward 3.0. Program itu mengharapkan kompetisi di negara termasuk pembinaan harus berjalan," kata Erick Thohir, dilansir dari Antara News. 

"Melalui program tersebut, kita juga mendapatkan berkah membangun training camp yang dibantu oleh FIFA senilai 5,6 juta dolar AS," tutur pria yang juga menjabat Menteri BUMN ini. 

Erick Thohir melanjutkan bahwa dana dari FIFA Forward 3.0 akan disalurkan ke Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI untuk membantu program pembinaan dan kompetisi di wilayah masing-masing. 

"Pembinaan yang mereka lakukan nanti dinilai oleh FIFA," ucap Erick Thohir. 

Demi menyelaraskan visi dan mengetahui kebutuhan Asprov PSSI dan klub-klub di Indonesia, Erick Thohir akan mengadalan sarasehan lagi untuk klub-klub Liga 3 Indonesia. 

Sebelumnya, PSSI telah menggelar Sarasehan Sepak Bola yang diikuti oleh perwakilan tim-tim Liga 1 dan Liga 2 pada Sabtu (4/3/2023) di Surabaya. 

"Fungsi Sarasehan adalah mendengarkan saran-saran bukan mengambil keputusan. Kami mau melihat apa yang diinginkan insan sepak bola dan merajutkan menjadi kebijakan," ungkapnya. 

Adapun FIFA Forward 3.0 merupakan kebijakan yang baru diluncurkan induk sepak bola dunia itu pada bulan Januari 2023. 

Tujuan program tersebut adalah untuk menyediakan pendanaan yang komprehensif untuk pengembangan sepak bola di selurun dunia. 

Melalui program Forward 3.0, FIFA ingin agar seluruh asosiasi anggotanya yang bernaung di lima konfederasi mampu meningkatkan kualitas persepakbolaan mereka, sehingga dapat bersaing dengan negara-negara lain. 

FIFA menyebutkan bahwa program ini akan diterapkan sampai akhir tahun 2026. Mereka memberikan tiga insentif untuk masing-masing asosiasi anggotanya. 

Pertama adalah dana senilai lima juta dollar AS atau sekitar Rp 77 miliar untuk menutupi operasional yang berhubungan dengan sepak bola. 

Kedua, uang tambahan sebesar tiga juta dollar AS (sekitar Rp 46 miliar) untuk menjalankan proyek spesifik yang direncanakan dengan baik untuk pengembangan sepak bola jangka panjang. 

Terakhir, untuk asosiasi anggota yang dinilai sangat membutuhkan FIFA menyalurkan lagi dana sebesar 1,2 juta dollar AS atau setara Rp 18,5 miliar untuk menutupi biaya perjalanan dan akomodasi tim nasional serta pembelian perlengkapan sepak bola. 

https://bola.kompas.com/read/2023/03/08/19400028/pssi-dapat-rp-86-miliar-dari-fifa-untuk-pembangunan-training-camp

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke