Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hari Ini, Shayne Pattynama Akan Jalani Pengambilan Sumpah Jadi WNI

KOMPAS.com - Calon pemain naturalisasi Indonesia, Shayne Pattynama, telah tiba di Tanah Air untuk menjalani proses pengambilan sumpah sebagai Warga Negara Indonesia (WNI).

Pengambilan sumpah WNI Shayne Pattynama akan diselenggarakan di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM, DKI Jakarta hari ini pada Selasa (24/1/2023) sore WIB.

Proses pengambilan sumpah ini merupakan tahap terakhir dalam proses naturalisasi Shayne untuk menjadi WNI dan bermain untuk timnas Indonesia.

"Alhamdulillah proses naturalisasi Shayne Pattynama telah mencapai langkah terakhir. Insya Allah dia akan mengucapkan sumpah menjadi WNI pada Selasa, 24 Januari 2023," kata Ketua Umum PSSI Mochammad Iriawan, dikutip dari laman resmi PSSI.

Setelah diambil sumpah, Shayne akan dijadwalkan untuk membuat Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan meresmikan statusnya sebagai WNI.

"Kedatangan Shayne dijadwalkan agar timingnya pas antara waktu kehadiran dengan jadwal yang diberlakukan oleh Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta sekaligus pembuatan KTP," tambah pria yang akrab disapa Iwan Bule tersebut.

Shayne juga telah tiba di Indonesia pada Senin (23/1/2023) malam WIB setelah berangkat meninggalkan Belanda pada Minggu (22/1/2023).

Kedatangan Shayne di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang langsung disambut oleh utusan PSSI, Hamdan Hamedan.

"Impian Shayne Pattynama untuk menjadi bagian dari Keluarga Besar Republik Indonesia satu langkah lagi akan menjadi kenyataan," tulis Iriawan dalam unggahannya di sosial media, menyertakan foto Shayne bersama Hamdan di bandara.

"Proses Naturalisasi Shayne terbilang cukup cepat. Langkah demi langkah administratif berjalan tanpa hambatan."

"Dukungan tidak berhenti dari semua elemen yang terkait. Tentu saja, ini juga karena berkah doa dari semua masyarakat Indonesia," tambah Iriawan.

Permohonan naturalisasi pemain asal Viking FK, Norwegia tersebut telah mendapat persetujuan dalam Rapat Paripurna DPR RI pada 17 November 2022.

Pada awal Januari 2023, Presiden RI Joko Widodo telah menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) permohonan naturalisasi Shayne Pattynama.

Sebelum Shayne, PSSI telah merampungkan proses naturalisasi dua pemain keturunan Eropa lainnya, yaitu Sandy Walsh dan Jordi Amat yang telah diambil sumpah pada 17 November 2022 lalu.

Bahkan, Jordi Amat telah ikut membela timnas Indonesia dalam ajang Piala AFF 2022 pada Desember 2022 hingga Januari 2023 silam.

Shayne Pattynama, Sandy Walsh, dan Jordi Amat diproyeksikan bisa memperkuat timnas Indonesia pada ajang Piala Asia 2023 mendatang.

https://bola.kompas.com/read/2023/01/24/12400098/hari-ini-shayne-pattynama-akan-jalani-pengambilan-sumpah-jadi-wni

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke