Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gareth Bale Pensiun dari Sepak Bola

KOMPAS.com - Kapten timnas Wales sekaligus mantan pemain Tottenham Hotspur dan Real Madrid, Gareth Bale, pensiun dari sepak bola. 

Gareth Bale mengumumkan keputusannya gantung sepatu atau pensiun melalui media sosialnya pada Senin (9/1/2023) malam WIB. 

"Setelah pertimbangan yang cermat dan bijaksana, saya mengumumkan pengunduran diri dari klub dan tim nasional," kata Gareth Bale. 

"Saya merasa beruntung telah mewujudkan impian saya bermain olahraga yang saya sukai. Itu benar-benar memberikan beberapa momen terbaik dalam hidup," ujar dia. 

"Yang tertinggi dari yang tertinggi selama 17 musim yang tidak mungkin ditiru, tidak peduli apa yang ada di fase selanjutnya," ucap Gareth Bale. 

Setelah menjalani enam musim di Spurs pada 2007-2013, Gareth Bale bergabung dengan Real Madrid dan meraih berbagai gelar bergengsi. 

Bersama Real Madrid, Gareth Bale meraih lima gelar Liga Champions, tiga trofi LaLiga, 4 Piala Dunia Antarklub, serta satu titel Copa del Rey dan satu Piala Super Spanyol. 

Gareth Bale sempat kembali ke Tottenham Hotspur sebagai pemain pinjaman sebelum bergabung bersama Los Angeles FC di Major League Soccer (MLS). 

Sebelum menutup kariernya, Gareth Bale berhasil mengantarkan Los Angeles FC merebut gelar juara MLS. 

Karier Gareth Bale dalam Angka 

2 - Bale adalah pemain timnas Wales pertama yang mencetak dua hattrick pada laga internasional melawan China (Maret 2018) dan Belarusia (September 2021). 

2- Bale menjadi pemain pertama yang mencetak dua gol tendangan bebas di Euro sejak Thomas Haessler (Jerman) pada 1992. 

3 - Jumlah golnya melawan Inggris, Slovakia, dan Rusia di Euro 2016. Dengan demikian, ia menjadi pemain pertama yang mencetak gol dalam tiga laga fase grup di Euro sejak Milan Baros dan Ruud van Nistelrooy pada 2004. 

4 - Jumlah klub yang pernah dibela Gareth Bale, yakni Southampton, Tottenham Hotspur, Real Madrid, dan Los Angeles FC. 

5 - Bale memiliki lima gelar Liga Champions bersama Real Madrid. 

7 - Jumlah gol Bale di kualifikasi Euro 2016 saat Wales mengakhiri penantian 58 tahun untuk bermain di ajang prestisius. 

16 - Bale berusia 16 tahun 315 hari saat ia menjadi pemain termuda yang bermain untuk Wales pada 27 Mei 2006. Rekor itu dipecahkan oleh Harry Wilson pada Oktober 2013 ketika ia bermain melawan Belgia pada usia 16 tahun dan 207 hari. 

17 - Bale menjadi pencetak gol termuda untuk Wales pada 7 Oktober 2006 ketika menjebol gawang Slovakia di kualifikasi Euro 2008. 

41 - Gareth Bale menjadi top skor Wales dengan catatan 41 gol, melampaui rekor Ian Rush yang mengoleksi 28 gol. 

58 - Bale menjadi pemain Wales pertama yang mencetak gol di turnamen antarnegara prestisius dalam rentang 58 tahun, melalui tendangan bebasnya melawan Slovakia. 

64 - Bale adalah pemain Wales pertama yang mencetak gol di Piala Dunia dalam rentang 64 tahun, setelah Terry Medwin saat melawan Hongaria pada Piala Dunia 1958 di Swedia. 

85 - Real Madrid menjadikan Bale pemain termahal di dunia sepak bola ketika mendatangkannya dari Tottenham dengan biaya 85,3 juta pound pada September 2013. 

106 - Jumlah gol yang dicetak Bale di Real Madrid. 

111 - Rekor jumlah pertandingan untuk timnas Wales pria. 

https://bola.kompas.com/read/2023/01/09/23441588/gareth-bale-pensiun-dari-sepak-bola

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke