Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Man United Terapkan “Aturan Ronaldo” untuk Cegah Keretakan Ruang Ganti

KOMPAS.com - Manchester United melakukan perubahan besar setelah kepergian Cristiano Ronaldo. Perubahan yang dimaksud berkaitan dengan pembatasan pendapatan para pemain. 

Dilansir dari Mirror, Man United menetapkan "aturan Ronaldo" yaitu pembatasan gaji untuk menghindari kecemburan antarpemain dan keretakan di ruang ganti. 

Sebelum sepakat memutus kerja sama dengan Man United dan pindah ke Al Nassr, Cristiano Ronaldo merupakan pemain dengan penghasilan tertinggi di klub. 

Pemain berjuluk CR7 itu mendapatkan gaji sebesar 480.000 poundsterling per pekan atau sekitar Rp 9 miliar. 

Man United kini menetapkan batas gaji para pemainnya maksimal 200.000 poundsterling per minggu. Kiper David de Gea akan menjadi pemain yang paling terdampak "aturan Ronaldo" tersebut. 

Sepeninggal Ronaldo, De Gea menjadi pemain Man United dengan gaji paling besar yaitu mencapai 375.000 poundsterling atau setara Rp 7 miliar. 

Namun, dengan kontraknya yang akan berakhir pada Juni mendatang, De Gea kemungkinan akan ditawari kesepakatan baru dengan pemotongan gaji. 

Aturan pemotongan gaji juga akan berdampak pada sejumlah pemain yang mendekati akhir kontrak mereka yaitu Marcus Rashford, Luke Shaw, Diogo Dalot, dan Fred. 

Adapun pemain-pemain lainnya seperti Harry Maguire, Bruno Fernandes, Casemiro, dan Raphael Varane memiliki gaji di kisaran 180.000 sampai 200.000 poundsterling. 

Mirror juga melaporkan bahwa tagihan gaji tahunan terbaru diperkirakan bernilai 228 juta poundsterling, tertinggi di Premier League. 

Pelatih Man United, Erik ten Hag, tidak terkesan dengan biaya yang dikeluarkan Man United untuk membayar gaji pemain. 

Apalagi, jika para pemain yang didatangkan tidak menunjukkan performa maksimal. 

"Klub telah membeli pemain dalam jumlah yang tak terbayangkan dalam beberapa tahun terakhir yang belum cukup bagus. Sebagian besar adalah pembelian pemain rata-rata, dan hal itu tidak cukup bagus di United," kata Ten Hag. 

"Jersey United sangat bergengsi. Hanya pemain dengan kepribadian hebat yang bisa tampil di bawah tekanan besar dan bermain di sini. Kami membutuhkannya. Itu sebabnya perekrutan Casemiro penting," ucap pelatih asal Belanda ini.

"Bersama dengan Raphael Varane, kami sekarang memiliki pemain yang berpengalaman memenangi gelar. Tyrell Malacia, Lisandro Martinez, Casemiro, Antony, semuanya petarung. Sementara Christian Eriksen adalah seorang pemenang teknis dan kepribadian yang hebat," kata dia. 

"Kami menginginkan yang terbaik dari yang terbaik. Setiap pemain yang kami bawa ke Manchester United harus memenuhi standar tinggi," ucap Erik ten Hag.

https://bola.kompas.com/read/2023/01/08/21400328/man-united-terapkan-aturan-ronaldo-untuk-cegah-keretakan-ruang-ganti

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke