Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Foto-foto Bersihnya Ruang Ganti Jepang di Piala Asia 2019, Piala Dunia 2018, dan 2022

Terbaru, FIFA sampai berterima kasih atas inisiatif timnas Jepang yang membersihkan dan merapikan semua isi ruang gantinya di Stadion Internasional Khalifa, setelah melawan Jerman pada 23 November 2022.

Kebersihan timnas Jepang di Qatar mengulang aksi terpuji mereka di turnamen-turnamen sebelumnya, setidaknya di Piala Asia 2019 dan Piala Asia 2018.

Piala Asia 2019

Akun Twitter Piala Asia mengunggah foto kondisi ruang ganti timnas Jepang seusai laga final kontra Qatar pada 2 Februari 2019.

"Jepang meninggalkan ruang ganti Piala Asia 2019 tanpa noda dengan pesan terima kasih dalam bahasa Inggris, Arab, dan Jepang," tulisnya di caption disertai emotikon tepuk tangan.

Di turnamen tersebut Jepang kalah 1-3 dari Qatar di final. Skuad Samurai Biru juga dilatih Hajime Moriyasu dan sebagian besar pemainnya masih bermain sampai sekarang, seperti kiper Shuichi Gonda, kapten Maya Yoshida, Ritsu Doan, hingga Takumi Minamino yang kala itu pemain inti.

Di foto yang diunggah ESPN FC ini, tidak tampak satu pun kotoran, noda, atau sampah di ruang ganti tersebut.

Jepang di Piala Dunia 2018 melaju sampai 16 besar usai disingkirkan Belgia dengan skor 2-3. Samurai Biru mencetak dua gol lebih dulu, lalu dibalikkan skornya oleh Jan Vertonghen, Marouane Fellaini, dan Nacer Chadli.

Tak hanya seperti foto yang diunggah akun FIFA ini, suporter Jepang juga kembali melakukan aksi bersih-bersih di tribune seperti Piala Dunia sebelumnya.

Ucapan terima kasih pun dilayangkan FIFA dengan tulisan Domo Arigato.

https://bola.kompas.com/read/2022/12/08/16000078/foto-foto-bersihnya-ruang-ganti-jepang-di-piala-asia-2019-piala-dunia-2018-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke