Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jadwal Siaran Langsung Piala Dunia 2022: Penentuan Nasib Inggris dan Belanda Malam Ini

Dua negara raksasa sepak bola dunia, Belanda dan Inggris, berpeluang besar memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Informasi mengenai jadwal siaran langsung Piala Dunia 2022 malam ini akan tersedia pada akhir artikel.

Matchday terakhir Grup A Piala Dunia 2022 akan digelar secara serentak pada Selasa (29/11/2022) pukul 22:00 WIB. Belanda vs Qatar dan Ekuador vs Senegal.

Tim Oranje, julukan Belanda, saat ini memimpin Grup A dengan raihan 4 poin.

Hasil tersebut buah dari kemenangan 2-0 atas Senegal pada laga pertama dan bermain imbang 1-1 melawan Ekuador pada pertandingan kedua.

Dengan demikian, Virgil van Dijk dkk hanya membutuhkan hasil imbang dalam laga terakhir untuk memastikan diri lolos ke fase gugur Piala Dunia 2022.

Potensi Belanda meraih poin terbilang sangat besar. Apalagi, Qatar yang berstatus tuan rumah sudah dipastikan tersingkir akibat kalah melawan Ekuador dan Senegal.

Performa Belanda cukup menjanjikan meski hasil terbaru hanya imbang kontra Ekuador. Pasukan Louis van Gaal memperpanjang rentetan 17 pertandingan tak terkalahkan.

Namun, apa yang diraih melawan Ekuador mengundang kritik. Sebab, Belanda difavoritkan meraih kemenangan.

"Saya setuju dengan kritik tersebut, tapi kami tak terkalahkan dalam 17 laga dan jika melihat selisih golnya, kami adalah tim yang patut dihormati," ujar Van Gaal, dikutip dari The Guardian.

Meskipun memuncaki Grup A, posisi Belanda belum aman. Sebab, raihan poin mereka sama dengan Ekuador (4 poin) dan hanya unggul satu poin atas Senegal.

Jadi, Belanda harus bermain sepenuh hati melawan Qatar. Mereka pun wajib mewaspadai Qatar yang bakal bermain tanpa beban dan tetap mengincar kemenangan untuk menghibur pendukungnya..

Sementara itu di Grup B, matchday terakhir juga akan dilaksanakan secara serentak pada Rabu (30/11/2022) pukul 02.00 WIB.

Wales akan bertemu Inggris dan Iran melawan Amerika Serikat.

Inggris sejatinya diunggulkan bakal dengan mudah lolos ke babak 16 besar. Nyatanya, The Three Lions justru harus menunggu hingga laga terakhir.

Dalam laga pertama, Inggris meraih kemenangan meyakinkan atas Iran dengan skor 6-2. Tetapi pada laga kedua, mereka ditahan imbang tanpa gol oleh Amerika Serikat.

Raihan empat poin menempatkan Inggris di puncak klasemen Grup B. Dengan demikian, mereka hanya membutuhkan tambahan satu poin untuk menyegel tiket babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Namun, jika juara grup menjadi incaran, Inggris harus menang atas Wales sehingga posisinya tak tergantung hasil pertandingan lain.

Apabila skenario itu (menang) tak terwujud, skuad asuhan Gareth Southgate masih bisa finis di posisi teratas walau imbang lawan Wales.

Akan tetapi, hasil Iran vs Amerika Serikat ikut berpengaruh. Inggris bisa juara grup walaupun seri lawan Wales jika duel Iran vs AS berakhir tanpa pemenang.

Southgate memastikan para pemainnya akan lebih termotivasi untuk bisa menang melawan Wales. Ia pun menganggap laga ini seperti pertandingan derbi.

"Kami harus memastikan bahwa secara emosional kami tetap fokus untuk bermain sebaik mungkin. Saya rasa para pemain kami punya pengalaman dalam laga seperti ini," kata Southgate, dikutip dari Mirror.

Bukan cuma Inggris yang berpeluang lolos. Tiga rivalnya di grup ini pun memiliki kans serupa untuk lolos ke babak 16 besar. 

Jadwal Siaran Langsung Piala Dunia 2022 Hari Ini:

Selasa, 29 November 2022

Grup A

  • 22.00 WIB: Ekuador vs Senegal
  • 22.00 WIB: Belanda vs Qatar

Rabu, 30 November 2022

Grup B

  • 02.00 WIB: Iran vs Amerika Serikat
  • 02.00 WIB: Wales vs Inggris

https://bola.kompas.com/read/2022/11/29/13243828/jadwal-siaran-langsung-piala-dunia-2022-penentuan-nasib-inggris-dan-belanda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke