Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Inggris Vs Iran: Tidak Ada yang Mustahil bagi The Three Lions

KOMPAS.com - Pelatih tim nasional Inggris, Gareth Southgate, menegaskan kepada pemainnya bahwa tak ada yang mustahil. Ia minta pemain menikmati kegembiraan Piala Dunia 2022.

Matchday pertama Piala Dunia 2022 akan menyuguhkan laga Grup B Inggris vs Iran di Stadion Internasional Khalifa, Senin (21/11/2022), pukul 20:00 WIB.

Gareth Southgate meminta para pemainnya untuk merasa bangga karena telah mewakili negara di tingkat dunia. Sang pelatih berusia 52 tahun juga ingin anak asuhnya fokus kepada masalah di lapangan sepak bola.

Southgate pun ingin segera meninggalkan tren buruk The Three Lions yang gagal meraih kemenangan dalam enam laga terakhir.

Salah satu efek dari rentetan hasil buruk itu adalah Inggris harus terkena relegasi ke Liga B UEFA Nations League.

Fan Inggris bahkan kedapatan mencemooh Southgate saat pertandingan UEFA Nations League melawan Hongaria dan Italia.

Meskipun begitu, Southgate tetap terlihat optimistis. Ia bahkan sempat menertawakan rumor yang menyebut Thomas Tuchel dan Mauricio Pochettino tertarik untuk menggantikannya sebagai pelatih Inggris.

"Barangkali kami telah membuat sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin," kata Southgate dikutip dari The Guardian.

"Ini menyenangkan bagi banyak orang dan saya bisa memahami itu. Kami ingin Inggris untuk bisa bersaing selama beberapa tahun ke depan dan saya percaya sistem akademi kami mampu mewujudkannya."

"Ada tantangan bagi kami dalam hal pengembangan dan kesempatan bagi pemain. Tapi kami punya pemain hebat dan kami seharusnya bisa bersaing untuk enam, delapan tahun ke depan bersama pemain ini," ucap Southgate.

Kepercayaan diri publik soal Inggris mulai terlihat rendah walaupun mereka berhasil mencapai semifinal Piala Dunia 2018 Rusia dan final Euro 2020.

"Inggris sering memulai turnamen dengan baik, namun setelah itu performanya menurun. Kami berhasil, dalam dua turnamen terakhir, memenangkan laga pertama."

"(Menang laga pertama) itu tentu membuat para pemain menjadi lebih tenang, tapi bukan berarti kami sudah lolos. Kami harus melewati tiga laga dan mendapatkan poin yang cukup, itulah tantangan kami."

"Sekarang fokus kami berada pada upaya lolos dari grup dan secara khusus kepada Iran," tutur Southgate menambahkan.

Southgate diperkirakan akan melakukan penyesuaian susunan starter dalam laga melawan Iran, seiring cedera yang diderita beberapa pemainnya.

Kyle Walker dikabarkan masih belum siap untuk bermain dan James Maddison tidak mengikuti latihan. Southgate dituntut mengatur timnya agar bisa melewati tiga laga Grup B Piala Dunia 2022 dalam rentang sembilan hari.

https://bola.kompas.com/read/2022/11/21/10000038/inggris-vs-iran--tidak-ada-yang-mustahil-bagi-the-three-lions

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke