Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

EKSKLUSIF Daniele Massaro: Evolusi Maldini di Balik Kebangkitan AC Milan

AC Milan memberikan kesempatan kepada KOMPAS.com untuk melakukan wawancara eksklusif dengan Daniele Massaro di Hotel Borobudur, Jakarta, Minggu (13/11/2022).

Massaro, sosok beralias “Provvidenza” karena kerap mencetak gol-gol krusial buat Milan, hadir sebagai representasi Rossoneri yang tengah menjalankan tur trofi scudetto ke berbagai belahan dunia.

Indonesia menjadi negara destinasi keempat rangkaian tur trofi scudetto “From Milan to Many” yang sebelumnya mampir ke London (Inggris), New York (Amerika Serikat), dan Singapura.

Eksklusif kepada KOMPAS.com, Massaro menyoroti gaya kepemimpinan Paolo Maldini, yang merupakan eks rekan setimnya di Milan.

Menurut Massaro, semasa bermain, Maldini secara natural bukanlah pribadi yang banyak bicara di ruang ganti.

“Pada era saya, (Franco) Baresi, Maldini, Roberto Donadoni, Marco van Basten tak banyak bicara di ruang ganti. Mereka berbicara di lapangan,” kata Daniele Massaro soal cara Maldini memberikan teladan bagi tim.

“Mereka membuktikan status mereka di lapangan,” ujar Massaro yang tergabung dalam skuad juara Italia di Piala Dunia 1982.

Namun, Maldini mengalami evolusi seiring pergantian perannya di tubuh Milan. Sosok yang mengoleksi lima gelar Liga Champions bersama Rossoneri itu kini menduduki jabatan Direktur Teknik.

Maldini bertanggung jawab terhadap aspek teknis tim, termasuk mengurus lalu lintas di pasar transfer.

Pekerjaan yang diemban Maldini di Milan sejak 2019 itu menuntut Maldini untuk lebih banyak berbicara.

“Sekarang Paolo Maldini, karena beralih peran, mungkin dia harus lebih terbuka untuk membantu tim di luar lapangan dan dia melakukan pekerjaannya dengan sangat bagus,” kata Daniele Massaro.

Pujian Massaro tak mengada-ada. Maldini merupakan figur krusial dalam perkembangan pesat yang dialami bek kiri Milan, Theo Hernandez.

Sejak momen negosiasi hingga saat ini, Maldini disebut rutin berdiskusi dengan Theo Hernandez.

Sang bek sayap cepat asal Perancis itu pun menganggap Maldini sebagai panutan dan mentor.

https://bola.kompas.com/read/2022/11/14/17000048/eksklusif-daniele-massaro-evolusi-maldini-di-balik-kebangkitan-ac-milan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke