Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Piala Dunia 2022, Saat Duta Besar PBB Minta FIFA Ganti Iran dengan Italia

KOMPAS.com - Duta Besar Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk Misi Tetap Dominika, Paolo Zampolli, meminta Presiden FIFA Gianni Infantino mengganti Iran dengan Italia di Piala Dunia 2022. 

Piala Dunia 2022 akan berlangsung di Qatar mulai 20 November hingga 18 Desember 2022. Iran tergabung di Grup B Piala Dunia 2022 bersama Inggris, Amerika Serikat, dan Wales. 

Paolo Zampolli menyoroti Iran yang sedang terlibat kekacauan politik menyusul protes mengenai hak-hak perempuan di negara tersebut. 

Pasukan keamanan Iran menggunakan senjata mematikan untuk mengendalikan situasi.  Lembaga Hak Asasi Manusia (HAM) Iran mencatat setidaknya 215 orang, termasuk 27 anak-anak, tewas dalam unjuk rasa tersebut. 

Paolo Zampolli pun menuliskan surat kepada Presiden FIFA Gianni Infantino agar mendiskualifikasi Iran dari Piala Dunia 2022. 

"Sekali lagi, dunia menuntut tindakan kepemimpinan Anda untuk mendiskualifikasi Iran dari Piala Dunia," kata Zampolli. 

"FIFA tidak boleh dibayangi oleh berita politik negatif dengan jumlah penonton miliaran penggemar di seluruh dunia," ucap dia melanjutkan. 

"Seperti yang Anda ketahui, PBB menyampaikan keprihatianan atas reaksi kekerasan yang terus berlanjut oleh pasukan keamanan terhadap protes di Iran," kata dia. 

"Banyak orang Iran telah terbunuh, terluka, dan ditahan selama unjuk rasa yang pecah setelah kematian Mahsa Amini yang berusia 22 tahun dalam tahanan," ucap Zampolli. 

Ia pun menyarankan FIFA untuk mengganti Iran dengan Italia. Menurut dia, Italia paling layak karena memiliki peringkat tertinggi dari negara-negara yang tidak tampil di Piala Dunia 2022. 

Di peringkat 10 besar ranking FIFA, hanya Italia yang gagal lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 di Qatar. 

"Sebagai catatan pribadi, saya bermimpi dan yakin akan menjadi keuntungan bagi Piala Dunia untuk memasukkan Italia guna melawan Inggris setelah Anda mendiskualifikasi Iran. Dari pemahaman saya, Italia yang pertama dalam urutan peringkat FIFA," ucap dia. 

Paolo Zampolli bukan orang pertama yang meminta Iran dicoret dari Piala Dunia 2022. Sebelumnya, CEO Shakhtar Donetsk Sergei Palkin juga menuntut FIFA dengan hal yang sama. 

Tuntutan Sergei Palkin itu tidak lepas dari tudingan yang menyebut Iran mendukung invasi Rusia ke Ukraina. Sergei Palkin juga meminta FIFA untuk mengganti Iran dengan Ukraina. 

Dalam suratnya, Paolo Zampolli juga mengatakan bakal menyampaikan pesan ini kepada Presiden Italia dan pihak-pihak lainnya. 

https://bola.kompas.com/read/2022/10/27/13000098/piala-dunia-2022-saat-duta-besar-pbb-minta-fifa-ganti-iran-dengan-italia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke