Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Audit Stadion Kanjuruhan, Menteri PUPR Berikan 7 Poin Rekomendasi

MALANG, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono melakukan audit teknis terhadap Stadion Kanjuruhan Kepanjen, Kabupaten Malang, Kamis (13/10/2022) siang WIB.

Pada audit itu, ia menyebut ada tujuh poin rekomendasi. Stadion Kanjuruhan mendapat perhatian khusus usai terjadi Tragedi Stadion Kanjuruhan yang menewaskan 132 orang.

Pemerintah pun berniat untuk melakukan perbaikan fasilitas stadion yang dipakai kandang Arema FC itu.

"Jadi, ada tujuh rekomendasi," kata menteri berusia 67 tahun. 

"Yang tiga berhubungan langsung dengan kejadian kecelakaan. Yang keseluruhan tujuh itu akan kita gunakan tugas kelanjutan presiden merekap dan merenovasi total Stadion Kanjuruhan ini," imbuhnya.

Menurut Basuki Hadimuljono, tiga rekomendasi teknis yang terkait dengan Tragedi Kanjuruhan adalah tangga pada tribune ekonomi yang tidak ada.

Selanjutnya, ia melihat pintu keluar dan masuk yang cocok untuk situasi darurat.

"Yang ketiga, tidak ada pintu darurat. Yang ada pintu servis. Ada enam pintu yang bisa untuk ambulans, kebakaran, dan sebagainya. Tetapi tidak bisa diakses oleh penonton di tribun," tuturnya.

Selain tiga aspek tersebut, ada empat temuan lain yang didapat ia dan timnya. Empat aspek tersebut antara lain penerangan, kamar kecil, pagar pembatas lapangan, dan perimeter di luar stadion.

"Jadi penonton dari mobil, langsung bleng begitu saja masuk di pintu. Tidak seperti di stadion lain, di Manahan misalnya. Di Patriot Bekasi juga. Apalagi di Gelora Bung Karno," pungkas menteri asal Surakarta.

https://bola.kompas.com/read/2022/10/13/15430458/audit-stadion-kanjuruhan-menteri-pupr-berikan-7-poin-rekomendasi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke