Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Indonesia Vs Vietnam, STY: Ini Waktunya Kita Menang!

SURABAYA, KOMPAS.com - Laga pamungkas Grup F Kualifikasi Piala Asia U20 2023 bakal jadi laga paling berat yang akan dijalani Timnas U20 Indonesia.

Pertandingan Indonesia vs Vietnam di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (18/9/2022) malam.

Laga tersebut menjadi yang paling berat karena Indonesia tidak pernah menang di segala kelompok umur, selama dilatih oleh Shin Tae-yong.

Sejak akhir tahun 2019 lalu saat mulai menjabat sebagai pelatih timnas di level senior dan kelompok umur, pelatih asal Korea Selatan itu sudah bertemu dengan Vietnam di segala kelompok umur sebanyak empat kali.

Sekalipun Indonesia tidak bisa menang, hasil terbaik yang berhasil Shin Tae-yong dapatkan adalah imbang dua kali, sedangkan dua pertandingan lainnya berakhir dengan kekalahan.

Namun, ia tidak terpengaruh dengan catatan buruk tersebut ketika disinggung soal itu. Ia dengan percaya diri memastikan bahwa Indonesia bisa memutus tren negatif tersebut.

"Tidak perlu khawatir. Saya percaya diri. Ini waktunya kita menang," katanya bersemangat.

Semangat itu memang bukan omongan bualan semata. Penampilan Zanadin Fariz dkk sejauh ini mengimbangi Vietnam, walaupun belum pernah bertemu.

Kedua tim sama-sama mengoleksi enam poin dari dua laga. Indonesia juga mampu mencetak sembilan gol dan kebobolan hanya satu gol. Catatan itu sama dengan yang diraih Vietnam.

Dengan hasil positif di Kualifikasi Piala Asia U20 2023, Shin Tae-yong merasa sudah saatnya Indonesia bisa tampil tanpa beban. Perkembangan pemain dianggapnya sudah luar biasa.

"Jadi kalau soal mental tidak perlu khawatir ya. Perkembangan mental pemain luar biasa. Saatnya tidak perlu takut lagi melawan Vietnam. Saya sendiri percaya bahwa tidak ada masalah dengan mental," ujar pelatih asal Korea Selatan.

Untuk bisa mendapatkan tiket otomatis lolos ke Piala Asia U20 2023 di Uzbekistan, Indonesia wajib menang.

Cara timnas untuk bisa meraih kemenangan ini dirahasiakannya. Garuda Nusantara bisa tampil untuk menunggu dulu atau bisa juga menekan sejak awal.

"Kami akan selalu mempersiapkan tim kami sebaik mungkin, supaya bisa melakukan permainan yang kami inginkan. Jadi bisa saja kami bermain pressing atas atau menurunkan sedikit lini permainan," pungkasnya.

https://bola.kompas.com/read/2022/09/18/06150028/indonesia-vs-vietnam-sty-ini-waktunya-kita-menang

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke