Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Timnas U20 Indonesia Vs Hong Kong: Suksesnya Eksperimen Shin Tae-yong

SURABAYA, KOMPAS.com - Timnas U20 Indonesia melakukan eksperimen berani saat menjalani laga kedua Grup F Kualifikasi Piala Asia U20 2023 melawan Hong Kong.

Eksperimen berupa rotasi pada susunan starter dilakukan Shin Tae-yong dalam laga Grup F Kualifikasi Piala Asia 2023 antara timnas Indonesia vs Hong Kong di Stadion Gelora Bung Tomo, Jumat (16/9/2022).

Tidak tanggung-tanggung, pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, hanya mempertahankan dua pemain dari 11 pemain pertama tim saat menang 4-0 melawan timnas Timor Leste pada laga pertama grup.

Dua pemain itu adalah kiper Cahya Supriadi dan Rahmat Beri Santoso.

Itu berarti ada sembilan pergantian saat Indonesia menjamu Hong Kong di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (16/9/2022) malam WIB.

Untung bagi Shin Tae-yong, eksperimen itu sukses besar. Rabbani Tasnim, Alfriyanto Nico, dan Zanadin Fariz membuat Indonesia unggul tiga gol pada babak pertama.

Hong Kong sempat memperkecil ketertinggalan di pertengahan babak kedua via sepakan penalti.

Namun, Marselino Ferdinan yang baru masuk di babak kedua langsung mencetak dua gol di ujung pertandingan dan Garuda pun menang telak 5-1.

Saat disinggung soal rotasi pemain gila-gilaan ini, Shin Tae-yong mengakuinya bahwa ini adalah kesengajaan. Ia ingin mengetes kemampuan pemain pelapis Indonesia.

"Memang untuk rotasi pemain hari ini sengaja saya lakukan. Tujuannya untuk uji coba para pemain cadangan. Saya ingin lihat kemampuan mereka seperti apa," kata pelatih asal Korea Selatan itu.

Shin Tae-yong puas dengan eksperimen tersebut. Upaya merombak skuad besar-besaran sukses besar.

Capaian ini diakuinya tidak sekadar terlihat dari raihan kemenangan telak, tetapi juga kerja keras serta kualitas permainan.

Rabbani Tasnim menjadi salah satu sorotan karena berhasil mencetak gol dalam dua pertandingan berturut-turut.

Penampilan Zanadin Fariz juga mendapat pujian dari penonton berkat aksi memukau sebagai pengatur ritme serangan timnas saat Marselino Ferdinan tidak ada.

"Jadi hampir semuanya saya ganti. Tapi pemain bekerja keras dengan sangat baik di pertandingan. Saya sangat puas atas kerja keras dari para pemain ini," ucapnya.

Berkat dua kemenangan dari dua laga Kualifikasi Piala Asia U20 2023, Indonesia kini memimpin grup.

Indonesia dan Vietnam saat ini sama-sama mengoleksi total enam poin dengan catatan produktivitas gol sama, yakni mencetak sembilan gol dan baru kebobolan satu gol.

https://bola.kompas.com/read/2022/09/17/06100068/timnas-u20-indonesia-vs-hong-kong-suksesnya-eksperimen-shin-tae-yong

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke