Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Juventus Vs Salernitana Diwarnai "Keputusan Terburuk Sepanjang Sejarah VAR"

KOMPAS.com - Juventus harus puas bermain imbang 2-2 melawan Salernitana pada laga Liga Italia 2022-2023 yang diwarnai kontroversi VAR pada Senin (12/9/2022).

Pertandingan pekan keenam Liga Italia 2022-2023 tersebut dimainkan di Stadion Allianz, Turin.

Pada laga ini, Bianconeri, julukan Juventus, berhasil menyamakan kedudukan setelah tertinggal dua gol lebih dahulu dari Salernitana.

Gleison Bremer (51’) dan Leonardo Bonucci (90+3’) menjadi penyelamat Juventus dengan gol-gol mereka.

Sementara itu, dua gol Salernitana dihasilkan oleh Antonio Candreva (18’) dan Krzysztof Piatek (45+5’)

Drama besar terjadi pada detik-detik akhir pertandingan ini. Sejatinya, Juventus mencetak gol ketiga laga pada menit keempat injury time berkat aksi sundulan Arkadiusz Milik. 

Milik sudah merayakan gol tersebut sembari membuka bajunya sebelum gol dianulir oleh wasit Matteo Marcenaro karena adanya pergerakan Leonardo Bonucci yang dianggap offside meskipun tak mengenai bola. 

Sang wasit membuat keputusan untuk menganulir gol setelah melihat anjuran dari Video Assistant Referee (VAR).

Namun, VAR tampak menghiraukan posisi Antonio Candreva di dekat pojok lapangan yang berpotensi membuat semua pemain onside.

Walau gol dianulir, Milik tetap diganjar dengan kartu kuning keduanya karena ia membuka baju saat pertandingan berjalan.

Dikutip dari Sky Italia, jurnalis Italia, Fabio Caressa mengatakan bahwa keputusan yang diambil oleh wasit Matteo Marcenaro dan VAR merupakan kesalahan terburuk yang pernah terjadi selama adanya VAR di sepak bola Eropa.

“Ini merupakan gambar yang sensasional karena Candreva akan membuat Bonucci tetap dalam permainan dengan setengah meter,” ucap Fabio Caressa.

“Kita disini berbicara mengenai 50 sentimeter. Drama ini akan menjadi kesalahan terburuk sejak adanya VAR,” sambung Caressa.

Sementara itu, media-media Italia juga menjelaskan alasan laga tak bisa diulang karena insiden tersebut seperti yang diminta oleh beberapa sektor suporter Bianconeri.

Aturan International Football Association Board (IFAB) menyatakan bahwa pertandingan Juventus vs Salernitana tidak dapat diulang karena keputusan salah yang melibatkan VAR.

Dikutip dari Football Italia, pada prinsipnya suatu pertandingan tidak bisa batal karena:

Namun, protokol dengan jelas menyatakan bahwa kesalahan VAR tidak menyebabkan game menjadi tidak valid dalam keadaan apa pun.

Pada pertandingan ini, wasit juga memberikan hujan kartu merah, ke Federico Fazio, Juan Cuadrado, dan pelatih Massimiliano Allegri.

Hasil tersebut membuat Juventus berada di posisi ke-8 dengan 10 poin dari enam pertandingan. Sementara Salernitana berada di urutan ke-10 dengan raihan tujuh poin.

https://bola.kompas.com/read/2022/09/12/18094638/juventus-vs-salernitana-diwarnai-keputusan-terburuk-sepanjang-sejarah-var

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke