Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

HT Borneo FC Vs Arema FC 0-0, Singo Edan 45 Menit Menuju Juara

KOMPAS.com - Belum ada gol yang tercipta selama babak pertama laga leg kedua final Piala Presiden 2022 antara Borneo FC dan Arema FC.

Laga Borneo FC vs Arema FC yang digelar di Stadion Segiri, Samarinda, Minggu (17/7/2022) untuk sementara berkesudahan 0-0.

Babak pertama berjalan ketat. Borneo FC sedikit unggul dalam penguasaan bola. Klub berjuluk Pesut Etam itu beberapa kali mendapat peluang dengan dua yang menemui sasaran.

Di sisi lain, Arema FC lebih banyak mengandalkan serangan balik. Singo Edan belum mampu menebar ancaman berbahaya ke gawang Borneo FC.

Skor 0-0 pada babak pertama ini membuat agregat tidak berubah. Arema FC masih unggul 1-0 atas Borneo FC berkat kemenangan pada leg pertama.

Apabila skor imbang ini bertahan sampai akhir 45 menit kedua, Arema akan keluar sebagai juara Piala Presiden 2022.

Sementara itu, Borneo FC setidaknya harus mencetak dua gol untuk mencegah Arema FC berpesta di kandang mereka.

Ulasan pertandingan

Borneo FC dan Arema FC coba menampilkan permainan menyerang sejak awal laga. Namun, pressing ketat dari lawan, membuat kedua tim masih kesulitan membangun serangan.

Bola lebih banyak berkutat di lapangan tengah dan tak jarang pula terjadi pelanggaran-pelanggaran ringan sampai berat.

Seperti yang dilakukan gelandang Arema FC Renshi Yamaguchi pada menit ke-10. Dia menjegal striker Borneo FC Matheus Pato dan langsung dikartu kuning oleh wasit Yudi Nurcahya.

Semenit selepas momen pelanggaran Renshi kepada Pato, Borneo FC menciptakan peluang pertama lewat kombinasi Leo Guntara dan Stefano Lilipaly.

Leo mengirim umpan silang yang disambut sepakan kaki kanan Lilipaly dari kotak penalti. Sayangnya, upaya Lilipaly masih melebar.

Pada menit ke-14, Hendro Siswanto melepas tembakan spekulasi jarak jauh, tetapi melambung. Gagal lagi peluang tuan rumah Borneo FC.

Sepanjang seperempat jam pertama, Borneo FC lebih banyak menganalkan direct pass untuk melancarkan serangan.

Namun, strategi tersebut belum efektif karena Arema FC disiplin dalam bertahan. Umpan-umpan panjang mereka masih bisa dipotong barisan pertahanan Singo Edan.

Di sisi lain, Arema FC juga masih kesulitan dalam membangun serangan. Pressing ketat dari Borneo FC membuat Arema sering kehilangan bola.

Pada menit ke-24, Borneo FC kembali mengancam Arema FC lewat sepakan jarak jauh Kei Hirose, tetapi masih melenceng tipis dari gawang lawan.

Bola hasil sepakan pemain asal Jepang itu sedikit berbelok arah karena ada sentuhan dari pemain Arema dan hanya menghasilkan sepak pojok untuk Borneo.

Lagi, Borneo FC mencoba peruntungan melalui tembakan jarak jauh, kali ini dilakukan oleh Jonathan Bustos pada menit ke-30. Hasilnya tak jauh beda, melenceng dari sasaran.

Pada menit ke-41, tendangan bebas Stefano Lilipaly disambut tandukan Agung Prasetyo dari dalam kotak penalti Arema FC.

Namun, sundulan bek bernomor punggung 13 itu masih bisa diamankan dengan sempurna oleh kiper Arema FC Adilson Maringa.

Tandukan Agung Prasetyo adalah shot on target pertama yang tercipta pada pertandingan Borneo FC vs Arema FC.

Tak lama berselang, Jonathan Bustos dengan cerdik melambungkan bola ke arah gawang Arema yang sudah ditinggalkan Adilson Maringa.

Sayangnya, upaya Jonathan Bustos digagalkan oleh Johan Ahmad Farizi tepat di garis gawang.

Sampai peluit panjang babak pertama dibunyikan wasit, kedua tim tak mampu mencetak gol. Skor sementara laga Borneo FC vs Arema FC adalah 0-0 (agregat 0-1).

Susunan pemain:

Borneo FC (4-3-3): 1-Angga Saputro; 24-Diego Michiels, 13-Agung Prasetyo, 19-Javlon Guseynov, 15-Leo Guntara; 12-Hendro Siswanto, 10-Jonathan Bustos, 8-Kei Hirose; 28-Terens Puhiri, 7-Matheus Pato, 14-Stefano Lilipaly

Cadangan: 88-Shahar Ginanjar, 4-Wildansyah, 66-Misbakus Solikin, 44-Nur Diansyah, 9-Ahmad Nur Hardianto, 97-Irsan Lestaluhu, 90-Sihran Amarullah, 33-Wahyudi Hamisi, 56-Fajar Fathurrahman, 27-Andy Harjito

Pelatih: Milomir Seslija

Arema FC (4-3-3): 90-Adilson Maringa; 12-Rizky Dwi, 5-Bagas Adi, 4-Sergio Silva, 87-Johan Ahmad Farizi; 8-Renshi Yamaguchi, 14-Jayus Hariono, 18-Adam Alis; 41-Dendi Santoso, 29-Abel Camara, 11-Gian Zola

Cadangan: 23-Teguh Amiruddin, 24-Rendika Rama, 26-Achmad Figo, 88-Irsyad Maulana, 27-Dedik Setiawan, 30-Ilham Udin Armaiyn, 6-Evan Dimas, 13-Hamzah Titofani, 10-Muhammad Rafli, 22-Hanis Saghara

Pelatih: Eduardo Almeida

https://bola.kompas.com/read/2022/07/17/20570388/ht-borneo-fc-vs-arema-fc-0-0-singo-edan-45-menit-menuju-juara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke