Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pesan Umuh Muchtar tentang Arti Kekompakan Persib di Liga 1 2022-2023

CILULUK, KOMPAS.com - Menjelang kick off Liga 1, skuad Persib Bandung melaksanakan doa bersama untuk kelancaran tim selama Kompetisi Liga 1 2022-2023.

Doa bersama dilaksanakan di rumah Komisaris Persib Umuh Muchtar di Ciluluk, Tanjungsari, Kabupaten Sumedang, Jumat (15/7/2022).

Momen ini sekaligus jadi ajang sowan para pemain Persib—terutama pemain baru—ke kediaman Umuh.

“Hari Jumat ini kami manfaatkan bisa kumpul di sini untuk sekalian kita berdoa, agar pertandingan nanti kami lawan Bhayangkara tanggal 24 Juli mudah-mudahan kami dikasih kemenangan dan seterusnya,” ungkap Umuh.

Para pemain dijamu dengan hidangan makanan lezat. Umuh tampak ingin menyatukan pemain agar punya rasa kebersamaan dan kekompakkan yang tinggi.

Kekompakkan jadi hal yang Umuh tekankan karena banyak pemain baru di tubuh Persib Bandung musim ini. Contohnya Rachmat Irianto, Daisuke Sato, Eriyanto, Reky Rahayu, atau Fitrul Dwi Rustapa.

Semua pemain harus membangun kekompakkan agar bisa tampil lebih tangguh di setiap pertandingan.

“Kekompakkan ya, kalau individu para pemain sudah bagus. Tapi jangan terlalu seperti itu (individu), seperti kebersamaan, persatuan, satu tim harus kompak,” pesan Umuh.

Umuh menitipkan kepada pelatih kepala Robert Rene Alberts agar kebersamaan pemain terus dipupuk selama berlangsungnya Liga 1. 

Dari pengalamannya, skuad yang kuat adalah tim yang punya kekompakkan yang tinggi baik di dalam maupun di luar lapangan.

“Saya serahkan sama pelatih Insya Allah apa kekurangan kemarin, apa kelemahan-kelemahan kemarin mudah-mudahan bisa dikaji, diolah lagi jangan sampai lagi kejadian yang tak terduga,” kata Umuh.

Robert pun bahagia punya manajemen yang begitu perhatian kepada timnya. Hal-hal sederhana seperti berkunjung ke kediaman petinggi klub, memberi semangat dan motivasi adalah hal yang penting.

“Pak Umuh mengundang kami dan musim kompetisi sudah semakin dekat. Bagus karena kami bisa datang ke rumah Pak Umuh, menikmati hidangan yang lezat dan juga mendengarkan wejangan yang bagus,” papar Robert.

“Jadi ini penting bagi tim, nyaris semua datang kecuali Victor karena dia tidak bisa datang pekan ini,” lanjutnya.

Penting bagi pemain guna mengetahui target apa yang harus dicapai tim di musim baru. Wejangan-wejangan dari para petinggi klub Umuh Muchtar dan Zainuri Hasyim cukup membakar semangat pemain agar lebih enerjik di laga pembuka.

“Bagus, memberikan semangat membara kepada pemain untuk menjadi juara. Dan kami sangat mungkin melakukan itu, karena kami juga tangguh,” sebut Robert. 

https://bola.kompas.com/read/2022/07/15/22000078/pesan-umuh-muchtar-tentang-arti-kekompakan-persib-di-liga-1-2022-2023

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+