Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hasil Uji Coba Persib: Menang 4-0, Ujian Tanpa Bintang Asing

BANDUNG, KOMPAS.com - Menjelang kick off Liga 1 2022-2023, Persib Bandung melakukan latih tanding dengan tim Persib U20, Sabtu (9/7/2022) di Stadion Persib, Sidolig, Jl. Ahmad Yani Bandung. 

Persib menang telak 4-0 atas tim U20. Setelah bermain 0-0 di paruh pertama, gol baru lahir pada babak kedua.

Gol kemenangan Persib diciptakan berturut-turut oleh Febri Hariyadi, Erwin Ramdani, Arsan Makarin (pen.), dan Marc Klok.

Walaupun menang telak, Robert Rene Alberts, pelatih Persib tidak melihat skor akhir.

Pertandingan tersebut disebut sebagai bagian dari persiapan tim, andai harus tampil di periode awal Liga 1 tanpa beberapa pemain asing.

"Ini bukan untuk mencari hasil akhir tapi untuk melihat siapa yang mengisi posisi ketika belum bisa menurunkan David (da Silva), Ciro (Alves), Nick (Kuipers), Teja (Paku Alam), dan Victor Igbonefo."

"Karena kami juga pekan ini sudah melakukan sesi yang berat, maka kami memilih untuk menutupnya dengan pertandingan," papar Robert.

Seperti diketahui, Ciro Alves bermasalah dengan cedera patah tulang bahu. Teja Paku Alam dan Victor Igbonefo juga dipastikan absen panjang lantaran karena cedera patah tulang.

Sedangkan Nick Kuipers dan David da Silva belum sepenuhnya fit usai dihantam demam dan cedera yang dialami selama berlangsungnya Piala Presiden 2022 kemarin.

Bagi Robert, Persib U20 adalah tim yang cukup bagus. Sembari beruji coba, ia juga memantau apakah ada pemain-pemain muda yang nantinya bisa diorbitkan ke tim senior.

"Persib U20 juga merupakan lawan yang bagus. Mereka punya pemain yang bagus dan kami juga memantau pemain-pemain di sana," ujar Robert.

Usai laga, Robert turut mengungkap kekurangan timnya. Tampil tanpa David da Silva dan Ciro Alves menjadi kelemahan terbesar Maung Bandung sejauh ini.

Ketika bertanding melawan tim U20, Persib memang mengontrol permainan, namun daya gedor dan penyelesaian akhir mereka dirasa masih kurang. 

Penyerang muda 18 tahun, Ridwan Ansori, disebut masih butuh waktu untuk berkembang.

Robert tampak belum bisa mengandalkannya menjadi penyerang tunggal di depan.   

"Jika melihat pertandingan tadi, kami lebih banyak mengontrol pertandingan, tapi masih bermasalah dengan daya gedor dan penyelesaian akhir," ucap Robert.

"Kami banyak bekerja dengan Ridwan (Ansori) untuk lebih berkembang tapi membandingkannya untuk bermain di liga, tentu kami masih butuh pemain yang bisa langsung diandalkan. Karena liga tinggal dua pekan lagi," papar pelatih asal Belanda ini.

Dari uji tanding tersebut Robert sudah mengantongi siapa saja pemain-pemain yang bisa diandalkan ketika para pilar asing harus absen.

Robert akan menyesuaikan komposisi starter tim dengan calon lawan yang dihadapi dan kondisi kebugaran terkini pemainnya.

"Ada opsi yang berbeda, menjadi starter atau masuk sebagai pemain pengganti. Kami harus tahu dulu, jika David dan Ciro belum siap maka kami harus menyiapkan siapa yang menjadi starter dan siapa yang akan dimasukan, dan itu yang kami pantau hari ini," katanya menjelaskan.

https://bola.kompas.com/read/2022/07/09/16000048/hasil-uji-coba-persib--menang-4-0-ujian-tanpa-bintang-asing

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke