Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Keluh Kesah Pelatih Persib Perihal Jadwal Bermain Malam Maung Bandung

BANDUNG, KOMPAS.com - Jumat (8/7/2022) menjadi hari terakhir setiap kontestan Liga 1 2022-2023 memberikan masukan atau surat keberatan kepada operator kompetisi, PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Draft jadwal Liga 1 2022-2023 dari PT LIB dianggap memberatkan Persib Bandung karena kubu Maung Bandung punya terlalu banyak jadwal bermain malam.

Persib bermain di atas pukul 20.00 WIB sebanyak 17 kali dari 20 pekan awal Liga 1 2022-2023.

Hal inii membuat pelatih Persib, Robert Rene Alberts, mengeluhkan terlalu malamnya waktu kick-off pukul 20.30 WIB.

Alhasil, Persib mengajukan surat keberatan pada Rabu (6/7/2022) kepada LIB dengan harapan mereka mendapat waktu bermain lebih adil.

Ia mengatakan dengan waktu pertandingan usai pukul 22.30 WIB, para pemainnya akan sampai hotel tempat menginap hampir tengah malam.

Hal ini dtakutkan akan mengganggu masa pemulihian para pemain. Terlebih bagi tim yang melakukan partai tandang karena mereka harus melakukan perjalanan pulang.

Penjadwalan ini mengingatkan sang pelatih terhadap seri 4 Liga 1 2021-2022 di Bali.

"Kembali kami menjadi tim seperti di liga sistem bubble musim lalu yang selalu bermain malam hari bahkan bisa pada 21.30 dan 21.45 (WITA) yang mana itu sangat tidak sehat," sebut Robert.

"Sekarang kami menjadi tim yang paling banyak bertanding pukul delapan malam atau lebih, tentunya ini tidak adil," keluh Robert.

Menurut Robert, slot waktu pertandingan pukul 15.30, 18.30, dan 20.30 bisa dibagi rata kepada seluruh kontestan Liga 1 2022-2023.

Kepentingan pihak penyiar disinyalir menjadi alasan kenapa Persib jadi klub yang paling banyak bermain di jam-jam tersebut.

"Tim lain mayoritas bermain pukul 16.00 atau 18.00 dan tentu saja harus dilihat dari sudut pandang keilmuan. Jika kami bermain antara 16.00 dan 19.00, konsekuensinya adalah pemain sudah bisa tiba di hotel pukul 22.00," paparnya.

"Itu tentu lebih cepat. Mereka bisa beristirahat, bisa menikmati makanan sebelum tengah malam yang mana itu normal. Jadi proses recovery-nya normal," lanjut Robert.

Robert tak ingin kejadian sama musim lalu terjadi lagi musim nanti. Di matanya, Persib jadi tim yang paling menderita di Bali dengan banyak pertandingan selesai sampai tengah malam.

Musim ini, skuad Maung Bandung harus kembali siap dengan penderitaan sama di tengah perjuangan tim mencapai target juara.

"Kami pulang ke hotel selalu dini hari setiap selesai pertandingan. Pemain baru mulai makan malam jam 1 dini hari, lalu hari berikutnya kami sudah harus melakukan perjalanan lagi. Proses recovery kami selalu lebih berat setiap saat," keluh Robert. 

"Di Bali musim lalu, kami tim paling menderita karena baru tiba di hotel pukul 1-2 dini hari."

"Pada hari bersamaan, para pemain juga harus melakukan latihan pemulihan. Jadi para pemain baik fisik dan mental kelelahan untuk memainkan pertandingan dengan jadwal seperti itu," lanjut Robert mengeluhkan.

https://bola.kompas.com/read/2022/07/08/21000058/keluh-kesah-pelatih-persib-perihal-jadwal-bermain-malam-maung-bandung

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+