Salin Artikel

Timnas U19 Indonesia Tunjukkan Progres, STY Tatap Thailand dengan Optimisme

KOMPAS.com - Pelatih timnas U19 Indonesia, Shin Tae-yong, optimistis dengan penampilan timnya meski skuad Garuda belum pernah menang atas Thailand di bawah arahannya. 

Timnas U19 Indonesia meraih kemenangan perdana di Piala AFF U19 2022 saat melawan Brunei Darussalam, Senin (4/7/2022) malam WIB. 

Pada laga fase Grup A Piala AFF U19 2022 yang berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, timnas U19 Indonesia menang 7-0.

Garuda Nusantara menang meyakinkan gol-gol Hokky Caraka (2', 14', 18', 45+1'), Ronaldo Kwateh (11'), Arkhan Fikri (20'), dan Alfriyanto Nico (61').

Usai memetik kemenangan telak atas Brunei, Indonesia sudah ditunggu tim yang lebih kuat yaitu Thailand. 

Duel timnas U19 Indonesia vs Thailand juga akan bergulir di Stadion Patriot Candrabhaga, Rabu (6/7/2022) malam WIB. 

Thailand saat ini memuncaki klasemen Grup A Piala AFF U19 2022 dengan raihan enam poin berkat dua kemenangan atas Filipina (1-0) dan Myanmar (3-0). 

Mereka mengungguli Indonesia yang menghuni peringkat kedua dengan mengoleksi empat poin dari hasil imbang melawan Vietnam (0-0) dan menang atas Brunei (7-0). 

"Sejak saya memegang timnas Indonesia, sudah bertemu tiga kali dengan Thailand. Dua kali seri, satu kali kalah. Tapi, menurut saya tim cukup ada progresnya," ujar Shin Tae-yong. 

"Saya tegaskan juga, walaupun pelatih kepalanya ganti, tidak mungkin timnya langsung jadi. Pasti ada waktu untuk prosesnya," kata dia menambahkan. 

Semenjak Shin Tae-yong datang, Indonesia sejatinya sudah empat kali melawan Thailand dan belum pernah menang sekali pun.

Pertemuan itu sekali terjadi di Kualifikasi Piala Dunia 2022 (2-2), dua kali di final Piala AFF 2020 (0-4; 2-2), dan semifinal SEA Games 2021 (0-1). Hasilnya, Indonesia meraih dua kali imbang dan dua kalah.

Karena itu, lumrah jika Shin Tae-yong tampak serius menganalisis permainan Thailand di Piala AFF U19 2022.

Ia kedapatan mengamati duel antara Thailand dan Myanmar beberapa saat sebelum kickoff timnas U19 Indonesia vs Brunei. Beberapa hari sebelum itu, STY terlihat juga memantau laga pertama Thailand saat melawan Filipina.

https://bola.kompas.com/read/2022/07/05/05300078/timnas-u19-indonesia-tunjukkan-progres-sty-tatap-thailand-dengan-optimisme

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.