Salin Artikel

Raphinha, Chelsea, dan Tantangan Todd Boehly

KOMPAS.com - Bursa transfer Chelsea musim panas ini masih belum bergulir penuh setelah  pengusaha Amerika Serikat, Todd Boehly, menggantikan Roman Abramovich. Raphinha dikabarkan kian mendekat tetapi masalah The Blues lebih dari itu.

Konsorium yang dipimpin Todd Boehly dan Clearlake Capital menyetujui pembelian Chelsea dari Roman Abramovich pada 30 Mei 2022.

Pembelian senilai 4 miliar pound tersebut merupakan yang terbesar bagi sebuah klub olahraga di dunia.

Setelah pembelian tersebut, Chelsea kini memangkas ikatan dengan sisa-sisa era Abramovich.

Chairman Bruce Buck dan tangan kanan Abramovich sekaligus direktur klub, Marina Granovskaia, hengkang terlebih dulu pekan lalu sebelum disusul oleh Penasihat Teknik Petr Cech pada awal pekan ini.

Boehly sendiri menjadi chairman dan direktur olahraga interim menyusul kepergian Buck dan Granovskaia.

Dalam kata lain, Boehly yang sebelum ini lebih banyak berkutat dengan dunia olahraga Amerika Serikat melalui kepemilikannya di Los Angeles Lakers dan Los Angeles Dodgers turun tangan langsung ke bursa tranfer Chelsea.

Thomas Tuchel juga disebut memiliki kekuatan lebih dalam proses perekrutan pemain menyusul kepergian para manajemen level atas The Blues.

Salah satu yang Boehly tangani lewat tangan pertama adalah meminjamkan Romelu Lukaku kembali ke Inter Milan, hanya satu tahun setelah kubu Stamford Bridge membelinya senilai hampir 100 juta pound.

Sky Sports mengutarakan, keputusan Chelsea melepas Lukaku terjadi setelah Boehly berdiskusi dengan pelatih Thomas Tuchel dan juga dengan Lukaku sendiri.

Kini, Boehly juga terlibat penuh dalam diskusi transfer pemain sayap Leeds, Raphinha.

Pemain yang mencetak 17 gol dan 12 assist bagi Leeds dari 65 laga Premier League bersama kubu Yorkshire tersebut dikatakan terbuka bergabung bersama Chelsea setelah dikaitkan dengan Arsenal.

Pakar transfer Eropa, Fabrizio Romano, mengutarakan bahwa Chelsea masih berupaya mencari kesepakatan penuh dengan Raphinha dan Deco yang menjadi agennya.

Chelsea menawarkan kontrak hingga Juni 2027 dan sang pemain dikabarkan oleh Football.London terbuka dengan proposal ini.

Romano juga mengabarkan bahwa Chelsea dan Leeds telah sepakat untuk transfer senilai 60-65 juta pound per Rabu (29/6/2022).

Akan tetapi, Deco dikabarkan masih berupaya menjadikan Barcelona sebagai tujuan transfer kliennya.

Raphinha dikatakan cocok untuk bermain di sisi kanan penyerangan Chelsea karena kecepatan yang ia miliki, suatu hal yang tak dimiliki oleh Hakim Ziyech di posisi tersebut.

Kegemaran Raphinha untuk menyerang halfspace dan memberi umpan terobosan untuk memanfaatkan kecepatan Timo Werner, Kai Havertz, serta Christian Pulisic menjadi suatu hal yang dikabarkan menggoda pelatih Tuchel.

Selain Raphinha, Chelsea terus melirik penyerang Manchester City, Raheem Sterling.

Namun, Boehly juga berada dalam tenggat mengingat tim utama akan kembali latihan pada 2 Juli sebelum menjalani tur pramusim ke Amerika Serikat.

Semua transfer akan bisa diselesaikan hingga 1 September, tetapi idealnya para pemain baru Chelsea telah mendarat jauh sebelum itu mengingat musim yang akan sangat padat dan terpotong oleh Piala Dunia di Qatar.

Pelatih Thomas Tuchel sendiri telah mengutarakan bahwa apa yang ia perlukan sekarang bukan sekadar menambah 1-2 pemain baru.

"Kami ini membangun ulang, tak hanya mengembangkan skuad," ujar Tuchel seperti dikutip dari Sports Illustrated pada Mei lalu.

"Ini selalu menjadi tantangannya. Namun, kami siap menghadapi tantangan ini."

Menurut laporan beberapa media, pelatih asal Jerman itu memang telah dijanjikan oleh pemilik baru klub untuk merekrut enam pemain.

Salah satu hal lain yang juga seharusnya menjadi perhatian bagi Boehly dan Tuchel adalah lini belakang.

Musim lalu, Chelsea mencatatkan xG concede (angka ekspektasi kebobolan) sebesar 39,1 gol sepanjang musim, jauh lebih buruk dari xG concede musim sebelumnya yang 34,8.

Hal ini terlihat dari kiper Edouard Mendy melakukan jauh lebih penyelamatan musim lalu (73) ketimbang musim sebelumnya (57).

Kesalahan-kesalahan lini belakang kerap terlihat dari The Blues musim lalu dengan Malang Sarr, Andreas Christensen, hingga Cesar Azpilicueta melakukan blunder yang berujung ke gol lawan.

Terkait lini belakang, Chelsea dirumorkan tengah mendekati beberapa pemain juga.

Salah satunya adalah bek raksasa Napoli, Kalidou Koulibaly, yang agennya dilaporkan telah menemui perwakilan The Blues di London.

Kontrak bek tangguh itu di Napoli hanya tersisa satu musim.

Selain itu, Gazzetta dello Sports pun melaporkan Chelsea tengah melirik bek Juventus Matthijs de Ligt walau klausul pelepasan minimumnya yang 100 juta euro mungkin terlalu mahal untuk kondisi Chelsea sekarang.

Di sisi lain, sumber sama mengatakan Juventus menjadikan Koulibaly sebagai pengganti apabila Chelsea meneruskan ketertarikan mereka ke De Ligt.

Selain itu, laporan dari Spanyol mengatakan bahwa Chelsea dan Jules Kounde sudah mencapai kesepakatan personal.

Akan tetapi, deal The Blues dengan klub sang pemain, Sevilla, masih berjalan lamban.

Terkait hal ini, Mundo Deportivo melaporkan Boehly kabarnya sudah mengadakan pertemuan dengan super agen Jorge Mendes untuk membantu memuluskan diskusi.

https://bola.kompas.com/read/2022/06/30/11000068/raphinha-chelsea-dan-tantangan-todd-boehly

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.