Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Arti Menjadi Pelatih Timnas Indonesia di Mata Shin Tae-yong

KOMPAS.com - Shin Tae-yong mengungkapkan bahwa melatih timnas Indonesia adalah sebuah tantangan dalam karier manajerialnya.

Shin Tae-yong menerima tawaran PSSI untuk menjadi pelatih timnas Indonesia. Dia diresmikan sebagai juru taktik skuad Garuda pada Desember 2019.

Itu adalah sebuah keputusan berani dari Shin Tae-yong, yang notabene adalah pelatih berlabel Piala Dunia.

Sebab, saat itu, timnas Indonesia sedang tidak stabil. Banyak tuntutan dari publik, tetapi timnas Indonesia seperti berjalan di tempat.

Shin Tae-yong pun tidak bisa menutupi fakta bahwa banyak yang pihak mempertanyakan alasannya bersedia melatih timnas Indonesia.

Namun, Shin Tae-yong tidak mau ambil pusing karena dia mau menantang kemampuan dirinya dengan menjadi ahli racik strategi timnas Indonesia.

“Saya telah berpengalaman melatih semua turnamen besar di Korea, termasuk Piala Dunia 2018 di Rusia dan Olimpiade Rio 2016," kata Shin Tae-yong, dikutip dari media Korea Selatan, Newsis, Selasa (21/6/2022).

"Ketika saya pertama kali mulai melatih di Indonesia, beberapa orang di sekitar saya bertanya-tanya. Ada kondisi yang lebih baik di tempat lain, tetapi sayai ingin mengambil tantangan," imbuhnya.

"Saya ingin mengevaluasi kembali diri saya di tempat baru dan seperti apa kompetensi dan bakat yang saya miliki. Itu masih dalam proses," ujar Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong dikontrak empat tahun atau hingga 2023 oleh PSSI untuk menangani timnas Indonesia senior dan kelompok umur.

Lebih kurang, usia kepelatihan Shin Tae-yong di timnas Indonesia sekarang sudah dua setengah tahun.

Prestasi pertama Shin Tae-yong sejak menjadi pelatih timnas Indonesia adalah mengantarkan skuad Garuda menjadi runner-up Piala AFF 2020.

Kemudian, di kelompok umur, juru taktik asal Korea Selatan itu mempersembahkan medali perunggu SEA Games 2021 untuk timnas U23 Indonesia.

Pencpaian terbaru Shin Tae-yong adalah meloloskan timnas Indonesia ke putaran final Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia mendapatkan satu tiket Piala Asia 2023 dengan menjadi salah satu dari lima runner-up terbaik dari babak kualifikasi.

Shin Tae-yong saat ini diketahui sedang memimpin latihan timnas U19 Indonesia di Jakarta.

Latihan digelar sebagai persiapan menuju Piala AFF U19 2022 yang akan diselenggarakan di Indonesia, tepatnya di Jakarta dan Bekasi, pada 2-15 Juli mendatang.

https://bola.kompas.com/read/2022/06/21/13400068/arti-menjadi-pelatih-timnas-indonesia-di-mata-shin-tae-yong

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke