Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jelang Timnas Indonesia Vs Nepal, Exco PSSI Bicara Masa Depan Shin Tae-yong

KOMPAS.com - PSSI disebut masih belum mengambil keputusan terkait masa depan pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Hal itu disampaikan Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Dirk Soplanit, menjelang pertandingan timnas Indonesia vs Nepal.

Duel timnas Indonesia vs Nepal merupakan laga keempat Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 yang dijadwalkan berlangsung pada Rabu (15/6/2022) dini hari WIB.

Dalam sepekan terakhir, masa depan Shin Tae-yong sebagai pelatih timnas Indonesia ramai diperbincangkan.

Hal itu tidak lepas dari keterangan Ketum PSSI, Mochamad Iriawan.

Iwan Bule, sapaan akrab Mochamad Iriawan, menyebut PSSI sudah meminta Shin Tae-yong tidak lagi menangani timnas Indonesia senior agar bisa fokus melatih tim U20.

Permintaan itu tidak lepas dari agenda timnas U20 Indonesia yang dijadwalkan mengikuti Piala Dunia U20 2023.

Secara garis besar, PSSI khawatir Shin Tae-yong akan keteteran atau tidak bisa fokus mempersiapkan timnas U20 Indonesia jika masih melatih timnas senior maupun U23.

Iwan Bule menyatakan permintaan dan kekhawatiran di atas sudah disampaikan ke Shin Tae-yong di tengah Kongres Biasa PSSI 2022 pada akhir Mei lalu.

Menurut Iwan Bule, permintaan agar Shin Tae-yong tidak lagi menangani timnas senior dan fokus ke timnas U20 adalah hasil keputusan rapat dengan anggota Exco PSSI.

Hal itu dibenarkan oleh salah satu anggota Exco PSSI, Hasani Abdulgani, akhir pekan lalu.

Hasani Abdulgani menyebut 10 dari total 12 anggota Exco PSSI menginginkan Shin Tae-yong fokus menangani timnas U20 Indonesia saja.

Berbeda dari Hasani Abdulgani, Dirk Soplanit menegaskan bahwa PSSI masih belum membuat keputusan terkait masa depan Shin Tae-yong.

"Belum ada keputusan-keputusan, apalagi sampai voting (Anggota Exco PSSI)," kata Dirk kepada Antara pada Senin (13/6/2022).

"Persoalan itu harus dibahas secara perlahan. Tidak bisa begitu saja mengambil keputusan secara emosional," ujar Dirk

"Kami masih menunggu arahan dari Ketum PSSI," ucap Dirk soal waktu pembahasan masa depan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia.

Ketika pertama kali pernyataan Mochammad Iriawan soal masa depan Shin Tae-yong tersebar, publik sepak bola Indonesia langsung bereaksi.

Mayoritas publik sepak bola nasional menilai PSSI mengganggu Shin Tae-yong dan timnas Indonesia senior yang kini sedang berjuang di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Publik sepak bola Tanah Air juga tidak setuju dengan wacana PSSI mencabut kendali Shin Tae-yong dari timnas Indonesia senior.

Terkait reaksi publik, Dirk Soplanit memilih memaklumi. Dirk Soplanit bahkan menyebut PSSI akan tetap mendengarkan atau mempertimbankan pendapat publik soal posisi Shin Tae-yong.

Terlepas dari hal itu, Dirk Soplanit juga mengingatkan publik bahwa tugas utama Shin Tae-yong sebenarnya adalah menangangi timnas U20 Indonesia.

"Tentu saja kami akan kaji pendapat publik yang bagus. Kalau ada kritik disertai masukan yang baik, kami akan menerima," kata Dirk.

"Sasaran utama Shin Tae-yong sejak dia datang adalah Piala Dunia U20. Itu kompetisi kelas dunia dan tidak mungkin PSSI melepas timnas U20 ke pelatih lain," ucap Dirk.

"PSSI tidak mau Indonesia menjadi bulan-bulanan sejak laga pertama Piala Dunia U20. Paling tidak kami mau kualitas permainan timnas U20 bagus," ujar Dirk.

"Itulah tugas Shin Tae-yong," ucap Dirk menambahkan.

Rapat Exco dan pejabat PSSI lainnya terkait masa depan Shin Tae-yong kemungkinan besar akan digelar setelah Kualifikasi Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong dini hari nanti akan melakoni laga hidup mati melawan Nepal.

Timnas Indonesia wajib mengalahkan Nepal dan mencetak gol untuk memperbesar peluang lolos ke putaran final Piala Asia 2023.

Jika kalah dari Nepal, timnas Indonesia dipastikan akan tersingkir alias gagal lolos ke putaran final Piala Asia 2023.

Pertandingan timnas Indonesia vs Nepal dini hari nanti akan disiarkan langsung oleh salah satu stasiun televisi swasta nasional mulai pukul 02.15 WIB.

Anda juga bisa menyaksikan laga timnas Indonesia vs Nepal lewat layanan streaming.

Berikut adalah link live streaming timnas Indonesia vs Nepal >>> LINK

https://bola.kompas.com/read/2022/06/14/09200048/jelang-timnas-indonesia-vs-nepal-exco-pssi-bicara-masa-depan-shin-tae-yong

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke