Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kata Frenkie de Jong soal Rumor Hengkang ke Man United: Barcelona Tim Impian Saya

KOMPAS.com - Bintang Barcelona, Frenkie de Jong, mengaku sudah mendengar rumor yang menyebut dirinya akan hengkang ke Manchester United musim depan.

Namun, Frenkie de Jong ogah terlalu serius memikirkan rumor tersebut karena masih ingin bertahan di Barcelona yang merupakan tim impiannya.

Rumor Frenkie de Jong akan hengkang ke Man United mulai ramai dibicarakan menjelang akhir musim lalu.

Hal itu tidak lepas dari keberhasilan Man United mengontrak mantan pelatih Frenkie de Jong di Ajax Amsterdam, Erik Ten Hag.

Berbagai media Eropa mulai dari Sky Sports, The Telegraph, hingga Goal, mengklaim Erik Ten Hag ingin memboyong Frenkie de Jong ke Man United musim depan.

Terkini, Football Espana menyebut Man United sudah menyiapkan paket gaji besar untuk Frenkie de Jong, yakni senilai 24 juta euro per musim.

Angka tersebut melebihi pendapatan banyak bintang Man United saat ini mulai dari Jadon Sancho, David De Gea, hingga Cristiano Ronaldo.

Di sisi lain, Manchester Evening News menyebut Man United juga sudah menyiapkan dana transfer sebesar 75 juta pounds atau sekitar Rp 1,3 triliun untuk mendatangkan Frenkie de Jong.

Rumor Frenkie de Jong akan henkang ke Man United musim depan semakin terlihat masuk akal setelah Barcelona belum lepas dari krisis finansial hingga saat ini.

Tidak hanya itu, pelatih Barcelona, Xavi Hernandez, juga dikabarkan sudah merelakan kepergian Frenkie de Jong.

Sebab, Barcelona sudah memiliki banyak gelandang muda potensial seperti Gavi hingga Pedri.

Ketika ditanya soal rumor ketertarikan Man United, Frenkie de Jong secara terbuka menyatakan sudah mendengarnya.

Namun, Frenkie de Jong menolak terlalu memikirkan rumor tersebut karena belum ada pembicaraan antara Man United dan Barcelona.

"Tentu saja saya sudah mendengar rumor ketertarikan Man United. Namun, petinggi Barcelooa tidak pernah berbicara soal itu dengan saya," kata Frenkie de Jong dikutip dari Manchester Evening News.

"Jadi, saya berasumsi tidak ada kesepatakan antara Barcelona dan Man United. Saya tidak khawatir tentang rumor itu," ucap Frenkie de Jong.

"Saya tentu mengerti dasar rumor itu. Namun, Barcelona masih belum membicarakannya. Mereka tidak mengusulkan apa pun kepada saya," ujar Frenkie de Jong.

Lebih lanjut, Frenkie de Jong mengaku masih ingin bertahan di Barcelona yang merupakan tim impiannya sejak kecil.

Frenkie de Jong sangat yakin keputusannya memilih dan bertahan di Barcelona tidak salah karena sudah berbicara dengan Xavi Hernandez.

"Apaka saya sudah berkomunikasi dengan Ten Hag? Saya tidak akan memberi tahu Anda soal itu. Saya tidak akan berbicara soal pelatih tim lain," ujar Frenkie de Jong.

"Saya sudah berbicara dengan Xavi. Namun, pembicaraan itu hanya soal sepak bola, skuad Barcelona, dan apa yang perlu ditingkatkan dari tim musim depan," tutur Frenkie de Jong.

"Saya tidak pernah menyesal memilih Barcelona. Barcelona adalah tim impian saya sejak kecil," ujar Frenkie de Jong menambahkan.

Frenkie de Jong dan Erik Ten Hag sudah pernah bekerja sama di Ajax Amsterdam selama tiga musim pada periode 2017-2020.

Bersama Erik Ten Hag, Frenkie de Jong sukses meraih dua gelar domestik, yakni Liga Belanda dan Piala Belanda pada musim 2018-2019.

Frenkie de Jong kemudian hijrah ke Barcelona pada awal musim 2019-2020 untuk mengikuti jejak mantan pelatihnya di timnas Belanda, Ronald Koeman.

Ketika Ronaldo Koeman digantikan oleh Xavi Hernandez musim lalu, Frenkie de Jong masih menjadi pemain kunci Barcelona.

Xavi sudah beberapa kali menyatakan bahwa Frenkie de Jong adalah salah satu poros penting Barcelona yang kini sedang menghadapi masa peralihan setelah ditinggal Lionel Messi dan pergantian presiden klub.

Pernyataan Xavi Hernandez itu tentu menjadi batu sandungan Man United jika ingin mendatangkan Frenkie de Jong.

Apalagi, Frenkie de Jong masih terikat kontrak dengan Barcelona hingga Juni 2026.

Tidak hanya itu, partisipasi kompetisi antarklub Eropa musim depan juga menyulitan Man United mendatangkan Frenkie de Jong.

Jika pindah ke Man United musim depan, Frenkie de Jong harus rela bermain di kasta kedua kompetisi antarklub Eropa, Liga Europa.

Namun, jika bertahan di Barcelon, Frenkie de Jong akan bermain di Liga Champions musim depan.

https://bola.kompas.com/read/2022/06/01/06400038/kata-frenkie-de-jong-soal-rumor-hengkang-ke-man-united--barcelona-tim-impian

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke