Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Liverpool Vs Madrid: Gol Benzema Dianulir karena Offside, Eks Wasit Inggris Beri Penjelasan

KOMPAS.com - Mantan wasit Liga Inggris, Peter Walton, memberikan penjelasan terkait kontroversi yang terjadi dalam final Liga Champions 2021-2022 antara Liverpool dan Real Madrid.

Laga Liverpool vs Real Madrid dalam final Liga Champions 2021-2022 itu berlangsung di Stade de France, Saint-Denis, Perancis, pada Minggu (29/5/2022) dini hari WIB.

Kontroversi pada laga tersebut terjadi setelah gol dari striker Real Madrid Karim Benzema dianulir karena sang penyerang dinilai lebih dulu berada dalam posisi offside.

Karim Benzema sempat menggetarkan gawang Liverpool ketika laga memasuki menit ke-43. Itu menjadi buah dari peluang pertama yang dimiliki Real Madrid pada babak pertama kontra Liverpool.

Namun, tak lama setelah Karim Benzema menggetarkan gawang kawalan Alisson, hakim garis yang bertugas mengangkat bendera sebagai sinyal offside.

Wasit utama Clement Turpin lantas meninjau tayangan Video Assistant Referee (VAR) untuk memastikan gol Benzema.

Setelah tinjauan VAR, gol Benzema dinyatakan tidak sah dengan argumen bahwa sang penyerang lebih dulu berada dalam posisi offside.

Dalam tayangan ulang tampak bagian tubuh Karim Benzema (kaki kiri) berada lebih dekat dengan garis gawang dan beberapa sentimeter di belakang pemain kedua terakhir Liverpool (Virgil van Dijk).

Adapun pemain terakhir Liverpool bukanlah sang penjaga gawang, Alisson.

Pada situasi tersebut, Alisson keluar dari sarangnya untuk berusaha mengamankan bola. Dia berdiri di depan Virgil van Dijk.

Namun, keputusan ini melahirkan kontroversi dan banyak pertanyaan. Pasalnya, sebelum gol tercipta, bola yang jatuh ke kaki Benzema adalah hasil sentuhan pemain Liverpool, Fabinho.

"Sepertinya Fabinho melakukan sentuhan terakhir sebelum Benzema, tetapi gol dianulir karena offside," demikian tertulis dalam laporan BBC.

Sementara itu, pertanyaan lahir dari sejumlah pihak, salah satunya mantan pemain Manchester United Rio Ferdinand.

"Saya masih tidak mengerti," kata Rio Ferdinand saat menanggapi keputusan wasit.

"Saya sangat menantikan seseorang yang bisa menjelaskan proses untuk memutuskan gol Real Madrid itu (offside)," imbuh komentator BBC, John Murray.

Penjelasan Mantan Wasit Liga Inggris Peter Walton

Di tengah pertanyaan yang beredar, Peter Walton datang memberi penjelasan terkait keputusan gol Karim Benzema yang dianulir karena offside.

Peter Walton pun dengan tegas menyatakan bahwa Karim Benzema memang lebih dulu berada dalam posisi offside.

Dia menjelaskan bahwa sentuhan dari Fabinho yang memunculan perdebatan di balik keputusan wasit tak membuat Karim Benzema berada dalam posisi onside.

Sebab, sentuhan dari Fabinho yang mebuat bola jatuh di kaki Benzema dinilai tidak dilakukan secara sengaja.

"Mudah saja. Benzema dalam posisi offside. Fabinho, bola membelok darinya, dia tidak dengan sengaja memainkan bola kepadanya (Benzema)," kata Peter Walton.

"Dia tidak membuat Benzema onside. Itu hanya dianggap onside jika pemain Liverpool secara sengaja memainkannya," tutur Peter Walton menjelaskan.

https://bola.kompas.com/read/2022/05/29/04465738/liverpool-vs-madrid-gol-benzema-dianulir-karena-offside-eks-wasit-inggris-beri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke