Salin Artikel

Utang Man United Membengkak, Klub Tetap Lancar Bayar Keluarga Glazer

KOMPAS.com - Laporan keuangan terkini Manchester United menunjukkan peningkatan level utang bersih klub yang naik sebesar 11,8 persen dari periode sama tahun sebelumnya.

Utang bersih Manchester United terhitung untuk periode tiga bulan hingga 31 Maret 2022 menunjukkan peningkatan dari 443,5 juta pound menjadi 495,7 juta pound atau setara 9 triliun rupiah.

Tak hanya itu, pengeluaran gaji Manchester United juga melonjak 20 persen dan kini berdiri di angka 101,8 juta pound atau 1,9 tirliun rupiah.

Hal ini wajar mengingat Man United merekrut beberapa pemain berprofil tinggi pada musim panas lalu dalam diri Cristiano Ronaldo, Jadon Sancho, dan Raphael Varane.

Selain itu, pendapatan hak siar Man United turun sekitar 12 persen dari tahun sebelumnya akibat memainkan delapan laga lebih sedikit ketimbang musim 2020-2021.

Namun, secara keseluruhan, pemasukan total Man United untuk periode tersebut naik 30 persen dari tahun sebelumnya menjadi 152,8 juta pound.

Hal ini turut dibantu oleh pendapatan tambahan sebesar 34,1 juta pound dalam pemasukan hari laga (matchday income) dalam periode tersebut.

Jumlah ini naik signifikan dari periode sebelumnya di mana pendapatan hari laga hanya 1,6 juta pound sepanjang kuartal ketiga 2021 akibat pembatasan-pembatasan akibat Covid-19.

Salah satu pengeluaran yang masih konsisten dilakukan kubu Man United adalah pembayaran dividen kepada para pemegang saham, termasuk ke Keluarga Glazer.

Pakar keuangan sepak bola, Kieran Maguire, mengutarakan bahwa pembayaran yang akan dilakukan pada akhir Juni itu berada di angka 11 juta pound.

Lewat pernyataan resminya, CEO Richard Arnold mengakui bahwa musim yang telah berlalu "sangat mengecewakan" tetapi klub siap membenahi kesalahan-kesalahan tersebut lewat direktur sepak bola John Murtough dan manajer anyar Erik ten Hag.

"Ketahanan dan standar tinggi adalah nilai-nilai penting bagi Manchester United," tuturnya seperti dikutip dari Manchester Evening News.

"Kami bertekad untuk meraih hasil-hasil lebih bagus musim depan dan setelahnya. Keyakinan kami kepada para pemain muda adalah salah satu faktor kunci klub dan kesuksesan akademi tim membuat kami percaya diri di masa depan."

Arnold juga menyinggung soal perkembangan-perkembangan di dunia sepak bola seperti perubahan regulasi agen pemain, kriteria akses ke kompetisi antarklub Eropa setelah 2024, dan peraturan Financial Fair Play UEFA.

"Secara keseluruhan, perubahan-perubahan ini menunjukkan tren yang baik terhadap pemerintahan lebih kuat dan ketahanan finansial lebih baik di sepak bola Eropa," lanjutnya.

"Di luar lapangan, pemasukan kami terus pulih setelah pandemi."

"Hal ini mencermikan kekuatan berkelanjutan operasi komersial kami yang mendukung kemampuan untuk terus melakukan investasi kepada klub."

https://bola.kompas.com/read/2022/05/26/21200008/utang-man-united-membengkak-klub-tetap-lancar-bayar-keluarga-glazer

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.