Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Aji Santoso Bangga Pemain Persebaya Tidak Pernah Kecewakan Timnas Indonesia

SURABAYA, KOMPAS.com - Pelatih Aji Santoso ikut bangga pemain-pemain Persebaya Surabaya tampil impresif di SEA Games 2021 Vietnam.

Persebaya Surabaya menyumbangkan tiga pemain ke skuad Shin Tae-yong di Vietnam, yakni kiper Ernando Ari, bek Rizky Ridho, dan gelandang serang Marselino Ferdinan.

Sejauh ini, ketiga pemain tersebut selalu menunjukkan dedikasi dan tidak pernah tampil mengecewakan saat diberi kepercayaan tampil khususnya pada dua pertandingan terakhir Timnas Indonesia U23 di SEA Games 2021 ini.

Para pemain tim berjuluk Bajul Ijo tersebut memberikan kontribusi besar yang mengantar kemenangan 4-1 Indonesia pada laga menghadapi Timor Leste, Selasa (10/5/2022).

Ernando Ari dipuji berkat jasanya menggagalkan penalti Timor Leste saat laga baru berusia tiga menit. Penyelamatan tersebut dianggap menjadi titik balik yang meningkatkan kepercayaan diri para pemain Indonesia.

Rizky Ridho juga mendapatkan pujian setelah berhasil memberikan assist kepada gol pertama Garuda yang dicetak Egy Maulana Vikri pada menit ke-16.

Assist tersebut memberikan hentakan kuat kepada para pemain Timor Leste dan membuka keran gol Indonesia.

Marselino Ferdinan yang masuk pada menit ke-67 juga membantu menjaga konsistensi permainan tim. Ia pun berkontribusi pada gol keempat yang dicetak pada menit ke-77.

Gemilangnya pemain-pemain Persebaya Surabaya itu makin terlihat pada pertandingan melawan Filipina, di Stadion Viet Tri, Jumat (13/5/2022) sore.

Baik Rizky Ridho, Ernando Ari, dan Marselino Ferdinan mengambil peran sentral dalam kemenangan 4-0 Indonesia.

Rizky berhasil mencetak gol sundulan apik pada menit ke-44. Gol tersebut menggandakan keunggulan Indonesia menjadi 2-0 setelah Muhammad Ridwan membuka skor.

Tak mau ketinggalan, Marselino Ferdinan yang turun pada awal babak kedua juga mencetak gol pada menit ke-85 lewat titik putih.

Tidak hanya mencetak gol, pemain 17 tahun tersebut juga aktif menggempur pertahanan Filipina sejak masuk ke lapangan.

Sedangkan, Ernando Ari tetap tampil memukau dengan menjaga gawangnya tetap suci sampai akhir pertandingan. Kiper berusia 20 tahun tersebut membuat tiga penyelamatan krusial.

Ini menjadi cleansheet pertama TImnas Indonesia setelah dibobol tiga gol dari Vietnam dan kebobolan satu gol dari Timor Leste pada dua laga sebelumnya.

Aji Santoso pun merasa bangga dengan performa pemainnya di Timnas Indonesia U23.

“Ridho berhasil mencetak gol lewat sundulan tendangan bebas. Marselino mencetak gol lewat penalti," ujar pelatih berusia 52 tahun tersebut kepada Kompas.com.

"Ya, patut kita apresiasi pemain Persebaya menjadi tulang punggung Timnas Indonesia U-23 di SEA Games kali ini.“ 

Impresifnya permainan ketiga pemain Persebaya Surabaya di timnas membuat nama Aji Santoso ikut disebut.

Sebab, ketiga personel tersebut merupakan pemain-pemain yang dipromosikan, dipoles dan diorbitkannya.

Namun ia tetap membumi, mengatakan apiknya penampilan tiga pemain Persebaya Surabaya tersebut buah kerja keras seluruh tim.

Aji pun optimistis ke depan bakal ada pemain-pemain Persebaya Surabaya yang menyusul.

“Mereka adalah didikan semua yang ada di Persebaya, manajemen, keru, dan pelatih. Mudah-mudahan akan banyak muncul pemain timnas dari Persebaya ke depannya,” pungkasnya.

https://bola.kompas.com/read/2022/05/14/13400068/aji-santoso-bangga-pemain-persebaya-tidak-pernah-kecewakan-timnas-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke