Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kick Off Liga 1 2022 Sudah Jelas, 4 Pelatih Berikan Respons Positif

KOMPAS.com - PSSI mengumumkan kick off Liga 1 2022 akan bergulir pada 27 Juli 2022 mendatang. Rencana tersebut disampaikan oleh Ketua Umum PSSI, Mochammad Iriawan pada peringatan hari jadi PSSI yang ke-92 beberapa waktu lalu.

Rencana kick off kompetisi tersebut disambut positif oleh beberapa pelatih klub Liga 1.

Mereka senang dengan adanya kejelasan kick off kompetisi musim depan sehingga mereka bisa segera menyusun program persiapan dengan matang.

Salah satunya adalah pelatih Dewa United, Nil Maizar, yang mengatakan kejelasan kick kompetisi membuatnya dapat segera menyusun jadwal persiapan tim. 

Waktu sekitar tiga bulan dapat dimaksimalkan tim promosi tersebut untuk melakukan persiapan.

Saat ini, Dewa United sudah mulai persiapan dan akan berkumpul lagi pada 6 Mei 2022 mendatang. Nil Maizar pun berharap skuadnya sudah komplet dan fokus mematangkan strategi dan taktikal tim.

“Saya pikir bagus, kan kompetisi sudah selesai Maret lalu. Ada April, Mei, Juni, dan Juli artinya ada 3 bulan untuk persiapan,” ujar pelatih asal Payakumbuh, Sumatera Barat, tersebut.

“Sudah oke (kick-off kompetisi), membuat semua pelatih Liga 1 bisa planning seperti apa. Lebih bagus dari segi kepelatihan,” imbuhnya.

Hal senada juga disampaikan Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso yang menyebut langkah PSSI tepat.

Aji menilai dengan sisa waktu sekitar tiga bulan sudah cukup untuk melakukan persiapan. Tim berjuluk Bajul Ijo akan melakukan latihan perdana pada 9 Mei mendatang.

Ia berharap semua pemain sudah berkumpul di tanggal tersebut termasuk pemain asing.

“PSSI melakukan langkah tepat karena memberikan waktu persiapan yang cukup buat tim,” papar pelatih berlisensi AFCPro tersebut kepada Kompas.com.

Serupa dengan pendapat Aji Santoso, pelatih Rans Cilegon FC, Rahmad Darmawan, juga menyebut masa jeda kompetisi selama 3 bulan cukup ideal untuk mempersiapkan tim.

“Saya rasa enggak masalah karena setiap tim bisa bersiap lebih baik dengan hampir 3 bulan kalau bersiap Mei,” ucap pelatih yang akrab disapa RD tersebut.

Sementara, pelatih yang baru saja kembali ditunjuk menangani PSS Sleman, Seto Nurdiantoro, bijak dalam menanggapi wacana kick off kompetisi yang akan digelar bulan Juli.

Di sisa waktu yang ada, ia lebih memilih fokus mempersiapkan tim. 

“Kalau dikatakan ideal atau tidak ideal. Ya, kita maksimalkan waktu yang ada,” kata pelatih berusia 48 tahun.

Di sisi lain, dengan adanya wacana kick off tersebut, Pelatih Persik Kediri, Javier Roca, berharap tanggal yang sudah ada bukan sekadar isapan jempol belaka.

Ia berharap kompetisi benar-benar digelar 27 Juli mendatang dan tidak ada penundaan.

“Tentu saya berharap jadwal yang sudah dibuat ini tidak bergeser lagi. Tidak ada penundaan sehingga tim pelatih bisa dengan matang membuat perencanaan ke depan,” harap pelatih berusia 44 tahun tersebut.

https://bola.kompas.com/read/2022/04/22/13000078/kick-off-liga-1-2022-sudah-jelas-4-pelatih-berikan-respons-positif

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke