Salin Artikel

Cerita Wonderkid Persib Bersinar di Liga 1 yang Penuh Tantangan

BANDUNG, KOMPAS.com - Liga 1 2021-2022 layak disebut sebagai musim terbaik Beckham Putra Nugraha bersama Persib Bandung.

Pada musim keduanya membela Maung Bandung, pemain berusia 20 tahun itu kerap diberi kepercayaan tampil sebagai starter oleh pelatih Persib, Robert Rene Alberts.

Selama musim lalu Beckham tampil dalam 22 pertandingan dengan mencetak lima gol dan tiga assist. Pencapaian luar biasa untuk ukuran pemain muda seperti Beckham Putra Nugraha.

Beckham mengatakan bahwa Liga 1 2021-2022 merupakan pengalaman berharga untuk kariernya sebagai pemain sepak bola profesional. Terlebih, menit bermain yang diberikan Alberts kepada Beckham cukup banyak.

"Ya, kesannya satu musim ini sangat berarti lah buat karier Beckham, karena Beckham di tahun ini dapat jam main yang lumayan bagus," kata Beckham kepada wartawan, Kamis (21/4/2022).

Bagi Beckham, kesempatan bermain yang diberikan Alberts, harus dimanfaatkan dengan baik.

Sebab, bermain dalam pertandingan akan menunjukkan pemain-pemain muda Persib mampu bersaing dengan para personel senior.

"Beckham harus memanfaatkan dengan sebaik mungkin setiap kesempatan bermain dan kita harus lebih menunjukkan dari pemain bintang-bintang lainnya," kata Beckham menjelaskan.

Beckham juga menilai bahwa Liga 1 2021-2022 merupakan kompetisi yang penuh tantangan dan banyak menguras stamina dibandingkan kompetisi lainnya.

Hal tersebut diakibatkan karena Liga 1 musim lalu memakai format seri "bubble to bubble" yang membuat para pemain Persib memiliki jeda waktu pertandingan lebih sedikit.

"Ya, evaluasi sih lebih ke stamina, karena kita di sana sistem bubble, punya waktu istirahat cuma tiga sampai empat hari jadi recovery-nya cuma sebentar," ujar gelandang bernomor 7 tersebut

"Stamina kita kekuras banyak lah, karena kita kadang harus main jam 21.45 waktu Bali, pulang jam 1 malam, pagi kita tetap latihan, jadi sangat terganggu," katanya menyambung.

Di tengah banyaknya pemain yang hengkang dari Persib, Beckham menjadi salah satu personel muda yang dipertahankan oleh manajemen tim.

Gelandang yang akrab di sapa Etam itu mengatakan, bisa bertahan di Persib membuatnya semakin termotivasi untuk giat berlatih.

Sebab, persaingan untuk mendapatkan tempat utama di skuad Maung Bandung akan semakin sengit dengan kedatangan pemain baru.

"Ya, paling dijadikan motivasi aja, kita harus fokus ke tahap berikutnya. Karena persaingan akan lebih banyak juga dan Beckham harus fokus berlatih," ujar Beckham

Sebagai pemain yang masih bertahan di Persib, Beckham berambisi membawa Maung Bandung menjadi juara Liga 1 2022-2023.

Selain itu, ia juga berharap skuad yang ada sekarang mampu membuat Maung Bandung berprestasi di Asia.

"Target bisa lebih dari tahun ini, bawa Persib juara, dan selanjutnya tentu dengan penambahan pemain semoga bisa membantu Persib di Asia dan menjadi juara," tutur Beckham mengakhiri.

https://bola.kompas.com/read/2022/04/22/10200028/cerita-wonderkid-persib-bersinar-di-liga-1-yang-penuh-tantangan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.