Salin Artikel

Mantan Perintis Diklat Persib Siap Jembatani Talenta Muda Indonesia Berkarir di Eropa

PORTUGAL, KOMPAS.com - Mantan perintis Diklat Persib Bandung, Jaino Matos, terus melakukan terobosan-terobosan mutakhir untuk pengembangan usia muda.

Terbaru, ia meluncurkan sebuah program bertajuk Pakuan Football Enterprise, yang digadang bisa menjembatani talenta-talenta muda Indonesia berkarir di Eropa.

Program ini merupakan kolaborasi lanjutan antara Jaino Matos dengan Dodi Irwan Suparno yang memiliki misi untuk memajukan sepak bola nasional.

Hasil kolaborasi pertama dari keduanya adalah Pakuan City FC yang saat ini mentas di Liga 3 jawa Barat.

Melalui program baru ini pemain-pemain muda Indonesia akan dipoles baik secara teknik, fisik sampai psikis oleh tangan-tangan profesional.

Kurikulum yang digunakan pun mutakhir melibatkan ahli gizi, psikolog, sosiologi, sport science, dan keilmuan keolahragaan.

Oleh karena itu, program ini diharapkan menghasilkan produk yang benar-benar layak tampil Eropa.

Tidak hanya dipoles, mereka akan bertindak sebagai agensi yang membukakan pintu bagi pemain untuk berkarier di Benua Biru

“Ada dua hal yang paling inti. Bagaimana kita bisa memilih dan mempersiapkan talenta-talenta muda dengan sikap yang tepat untuk persiapan di bawa main ke Eropa,” ujar Jaino Matos kepada Kompas.com.

“Tapi lebih penting lagi, kita harus mengerti karakter dan kemampuan teknis dan fisik semua pemain kita. Melalui ilmu modern kita bisa tahu apakah pemain kita sanggup main di elite Eropa,” imbuhnya.

Tidak selesai sampai di situ, para pemain muda juga terus dipantau dan didampingi, sehingga program ini tidak sekadar melakukan pembibitan, tetapi juga mengelola pemain sampai ke ranah profesional.

“Kami mengusung konsep ‘Football Smart Solution’, sebuah konsen keputusan cedera untuk solusi karir pemain Indonesia,” tutur pelatih asal Brasil itu.

“Jadi, kami tidak sekadar ingin mengirimkan anak-anak keluar negeri dan tiba-tiba dipulangkan."

"Kami juga ingin membangun karier pemain muda secara solid dan efisien,” imbuhnya.

Menatap jauh ke depan, Jaino Matos mengungkapkan program barunya tidak hanya akan berkolaborasi dengan sepak bola Eropa.

Program ini juga memiliki jaringan yang mencakup seluruh dunia dengan konsentrasi daerah dengan kultur sepak bola berkredibel.

Sebagai bentuk keseriusannya, Jaino dan tim menjalin kerja sama dengan beberapa stakeholder sepak bola Portugal.

Eksistensi Pakuan Football Enterprise di Negara kelahiran Cristiano Ronaldo itu ditandai oleh Penandatanganan Nota Kemitraan dengan Agensi Sepakbola Elite X07 Sports yang disaksikan langsung oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Portugal, Rudy Alfonso.

https://bola.kompas.com/read/2022/04/18/11000038/mantan-perintis-diklat-persib-siap-jembatani-talenta-muda-indonesia-berkarir-di

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.