Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Persebaya Vs Persib, Mimpi Bajul Ijo Tembus Asia

KOMPAS.com - Persebaya Surabaya dipastikan sudah tidak memiliki peluang juara Liga 1 2021/2022.

Dengan sisa pertandingan yang ada, poin maksimal yang bisa diraih Bajul Ijo adalah 68 poin. Masih kurang satu angka untuk menyamai perolehan poin Bali United yang berada di puncak klasemen.

Pelatih Persebaya Aji Santoso mengakui, kans timnya untuk menyalip Bali United di puncak klasmen sudah tertutup. Oleh karena itu dia mengubah target realistis yang bisa diraih pada akhir musim ini.

"Yang jelas kami kalau juara sudah tidak mungkin, karena sudah tidak bisa mengejar terutama Bali United," kata Aji dalam konferensi pers virtual, Jumat (18/3/2022).

Meski peluang juara sudah tertutup, Persebaya tetap ingin meraih hasil maksimal dalam tiga laga terakhirnya. Salah satunya ketika bertemu Persib Bandung di pekan ke-32 Liga 1 2021-2022.

Duel Persebaya vs Persib akan berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Sabtu (19/3/2022).

"Yang penting bagi kami bagaimana di sisa pertandingan ini kami bisa main maksimal dan mudah-mudahan di sisa pertandingan ini kami bisa happy ending untuk bisa meraih kemenangan," kata Aji Santoso menegaskan.

Setidaknya dengan mengamankan kemenangan di tiga laga sisa, Persebaya masih berpeluang untuk menempati posisi dua atau tiga, yang berpotensi memunculkan tiket tampil di kompetisi Asia pada musim depan.

Penghuni peringkat dua dan tiga bisa mendapatkan jatah tampil di Piala AFC musim depan andai tim kampiun Liga 1 mampu melewati play-off Liga Champions Asia dan menembus fase grup. 

Namun, apabila kampiun Liga 1 musim ini mentok di babak play-off Liga Champions Asia 2022-2023, mereka akan turun kasta ke Piala AFC. Satu tiket sisa partisipasi di Piala AFC kemudian akan menjadi milik runner up Liga 1 2021-2022.

Saat ini, Persebaya tengah berjuang untuk mempertahankan posisi di tiga besar klasemen Liga 1 2021/2022 agar bisa tampil di kancah Asia musim depan.

Aji mengatakan bahwa yang terpenting bagi mereka adalah memetik kemenangan di sisa pertandingan.

"Tentunya saya selalu sampaikan kepada pemain untuk selalu selesaikan kompetisi dengan baik. Target awal sudah terpenuhi, target dari manajemen lima besar tapi sekarang ada kesempatan nomor 2 dan 3 masih terbuka peluangnya," ucap Aji.

"Untuk itu kami akan tetap berusaha bisa meraih nomor 2 atau 3, kami tetap akan fight. Saya sampaikan ke pemain untuk menyelesaikan kontraknya dengan baik dengan cara berikan kontribusi yang baik di sisa pertandingan," katanya lagi.

Bek Persebaya Surabaya Rizky Ridho menegaskan bahwa saat ini target Bajul Ijo adalah mempertahankan posisi di tiga besar. Dia berharap Persebaya bisa mengamankan tiket bermain di kompetisi Asia.

"Kalau bisa kita di peringkat dua atau tiga dan kita bermain di kancah Asia," ujar Ridho menutup.

https://bola.kompas.com/read/2022/03/18/22400038/persebaya-vs-persib-mimpi-bajul-ijo-tembus-asia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke