Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tuchel Nyatakan Chelsea Akan Tetap Kuat dalam Persaingan

KOMPAS.com - Pelatih Chelsea, Thomas Tuchel, berjanji The Blues tidak akan hancur menyusul sanksi pemerintah Inggris kepada pemilik klub Liga Premier itu, Roman Abramovich.

Abramovich adalah salah satu dari tujuh oligarki yang dikenai sanksi baru Inggris akibat invasi Rusia ke Ukraina.

Aset Abramovich di Inggris telah dibekukan. Chelsea kemudian berada di bawah pengawasan ketat pemerintah Inggris.

Pengawasan ini membuat The Blues tak boleh membeli pemain baru, tak boleh memperbarui kontrak pemainny,a dan bahkan menjual tiket pertandingan.

Bahkan toko-toko klub Chelsea telah ditutup.

Sementara itu, sponsor jersey utamanya yakni perusahaan telepon seluler Three, menanggapi sanksi dengan menyatakan akan menangguhkan kontrak sponsor dengan Chelsea.

Sanksi tersebut menimbulkan kekhawatiran terhadap kelangsungan hidup Chelsea dan masa depan jangka panjang klub ini diliputi tanda tanya.

Tetapi bos Blues Tuchel menandaskan The Blues tidak akan menyerah.

"Sejauh ini kami bisa saling percaya dan ini tidak akan berubah. Selama kami masih cukup baju dan bus untuk menjalani pertandingan, kami akan berada di sana dan akan keras bersaing," kata dia seperti dikutip AFP.

"Semua orang bisa sangat yakin bahwa kami fokus kepada diri kami, dalam menjaga sikap dan mentalitas yang benar di tempat latihan dan di dalam tim," sambung dia.

Abramovich sudah mengumumkan bersedia menjual Chelsea.

Sejumlah calon pembeli telah menyatakan minat mereka membeli klub yang memenangkan 19 trofi utama sejak pengusaha Rusia itu membeli klub itu pada 2003.

Tuchel memang tak tahu ke arah mana klub ini selanjutnya begitu Abramovich pergi, tetapi dia tidak mengkhawatirkan masalah yang tidak bisa dia kendalikan.

"Mari kita lihat apakah tetap seperti ini. Jika ya, saya tidak tahu. Kami menghadapinya dari hari ke hari. Saya tidak melihatnya muncul kemarin dan saya tidak tahu apa yang akan terjadi esok," kata Tuchel.

"Tingkat dampak berita hari ini memang besar, pada waktunya kami tak tahu sebesar apa. Kami tak bisa mempengaruhinya. Ada baiknya, ada buruknya. Itu fakta."

Muncul spekulasi bahwa Tuchel mungkin meninggalkan Chelsea akibat situasi The Blues yang mendadak bergejolak.

Namun pelatih asal Jerman yang menjuarai Liga Champions dan Piala Dunia Klub sejak direkrut Abramovich pada Januari 2021, tetap bahagia bersama klub London barat itu.

"Saya masih senang berada di sini dan masih senang menjadi manajer tim yang tangguh," kata dia.

 helsea berada pada urutan ketiga klasemen Liga Premier setelah mengalahkan Norwich untuk unggul sembilan poin dari Manchester United yang berada pada posisi kelima dalam perburuan finis empat besar.

Mereka juga masih bertahan dalam Liga Champions, tepatnya babak 16 besar, dan juga perempat final Piala FA.

Tuchel akan menggunakan target itu untuk menjaga pemain-pemainnya tetap fokus di tengah kekacauan ini, namun sebelum pertandingan melawan Norwich dia mengaku sempat khawatir mereka mungkin terganggu.

“Bohong jika saya berkata tidak khawatir, tetapi saya juga sangat percaya," kata dia.

"Dalam keadaan-keadaan sulit kami menghasilkan banyak poin dan penampilan bagus sehingga kami bisa percaya kepada mentalitas dan budaya kami dalam klub ini. Kami membiarkan diri kami fokus kepada sepak bola," pungkas Tuchel.

https://bola.kompas.com/read/2022/03/11/18400058/tuchel-nyatakan-chelsea-akan-tetap-kuat-dalam-persaingan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke