Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Playoff Piala Dunia 2022: Polandia Tolak Tanding Lawan Rusia

KOMPAS.com - Tim nasional Polandia dilaporkan bakal menolak pertandingan melawan Rusia yang termasuk dalam rangkaian playoff Piala Dunia 2022 Zona Eropa.

Pertandingan Rusia vs Polandia pada playoff Piala Dunia 2022 itu dijadwalkan berlangsung di Dynamo Central Stadium, Moscow, Jumat (25/3/2022) dini hari WIB.

Pihak Polandia menolak melakoni laga tersebut setelah keputusan Rusia menginvasi Ukraina memunculkan ketegangan di antara banyak pihak.

Kini, situasi akibat invasi militer yang dilakukan Rusia semakin memanas. Asosiasi Sepak Bola Polandia pun mengambil sikap.

Kebetulan, Polandia punya jadwal melawan Rusia pada playoff Piala Dunia 2022.

Pemenang dari laga tersebut akan melawan salah satu di antara Swedia dan Republik Ceko pada final Path B, Rabu (30/2/2022).

"Tidak ada kata-kata lain, saatnya bertindak. Akibat eskalasi agresi Rusia terhadap Ukraina, tim nasional Polandia tidak berniat memainkan pertandingan playoff melawan Rusia," kata juru bicara Asosiasi Sepak Bola Polandia kepada Sky Sports.

Menurut pihak Polandia, ini menjadi keputusan tepat di tengah meningkatnya serangan Rusia terhadap Ukraina.

Asosiasi Sepak Bola Polandia juga dilaporkan sedang melakukan pembicaraan dengan dua pesaing lain di Path B playoff Piala Dunia, Swedia dan Republik Ceko, untuk menegaskan posisi kepada induk sepak bola dunia, FIFA.

"Ini adalah satu-satunya keputusan yang tepat. Kami sedang dalam pembicaraan dengan Asosiasi Swedia dan Republik Ceko untuk menyatakan posisi bersama kepada FIFA," ujar juru bicara Asosiasi Sepak Bola Polandia.

Berdasarkan laporan Sky Sports, juru bicara FIFA mengatakan bahwa pihaknya sedang memantau situasi dan keputusan terkait pertandingan Rusia vs Polandia akan diumumkan kemudian.

Terkait situasi ini, Asosiasi sepak bola Polandia juga disebut telah menawarkan diri untuk menjadi tuan rumah laga kandang yang akan dimainkan Ukraina selama mereka tak bisa bermain di negaranya sendiri.

Adapun Ukraina merupakan salah satu peserta dalam rangkaian playoff Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa. Mereka tergabung di Path A bersama Skotlandia, Wales, dan Austria.

Pada semifinal Path A, Ukraina akan melawan Skotlandia di Hampden Park, Glasgow, Kamis (24/3/2022).

Apabila berhasil memetik kemenangan, Ukraina kemungkinan bakal menjadi tuan rumah final Path A, melawan pemenang antara Wales dan Austria.

Penyerang timnas Polandia Robert Lewandowski mendukung langkah yang diambil asosiasi sepak bola negaranya.

"Ini adalah keputusan yang tepat! Saya tidak bisa membayangkan bertanding melawan tim nasional Rusia dalam situasi ketika agresi bersenjata di Ukraina masih berlanjut," tulis Robert Lewandowski di akun Twitter pribadinya.

"Pesepak bola dan penggemar timnas Rusia tidak bertanggung jawab atas situasi ini, tapi kami tidak bisa berpura-pura seolah tidak terjadi apa-apa," demikian pernyataan pencetak gol terbanyak timnas Polandia tersebut.

https://bola.kompas.com/read/2022/02/26/19400048/playoff-piala-dunia-2022--polandia-tolak-tanding-lawan-rusia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke