Salin Artikel

Timnas Putri Indonesia Vs Thailand, Lawan Tebar Ancaman untuk Garuda Pertiwi

KOMPAS.com - Thailand menebar ancaman menjelang laga kontra timnas putri Indonesia.

Chaba Kaew, julukan Thailand, sangat berambisi untuk meraih kemenangan pada laga kedua fase Grup B AFC Women's Asia Cup atau Piala Asia Wanita 2022. 

Pertandingan timnas putri Indonesia vs Thailand dijadwalkan berlangsung di D.Y Patil Stadium, Mumbai, India, Senin (24/1/2022) pukul 19.00 WIB. 

Thailand dan Indonesia sama-sama menderita kekalahan pada pertandingan sebelumnya. Timnas Indonesia kalah telak 0-18 dari Australia, sedangkan Thailand takluk 0-1 dari Filipina.

Kekalahan tersebut membuat Thailand dan Indonesia belum meraih satu poin pun dan saat ini secara berurutan menempati peringkat ketiga dan keempat klasemen sementara Grup B. 

Melihat klasemen Grup B saat ini, pertandingan Indonesia vs Thailand bisa dikatakan sebagai laga hidup mati bagi kedua tim. 

Thailand dan Indonesia harus saling mengalahkan untuk bisa menjaga asa ke perempat final Piala Asia Wanita 2022. 

Oleh karena itu, pelatih Thailand Miyo Okamoto sangat berambisi mengantarkan timnya merah kemenangan atas Indonesia malam nanti. 

"Pada pertandingan pertama, kami semua melakukan yang terbaik. Namun, ada banyak kesalahan yang perlu dibenahi," kata Miyo dilansir dari laman resmi AFC. 

"Kami tidak bisa hanya menguasai bola di area kami, tetapi juga harus menciptakan peluang yang lebih bagus. Kami tidak boleh memikirkan hasil laga sebelumnya," ujar pelatih asal Jepang tersebut. 

"Tidak ada waktu untuk menyesal. Kami harus memperbaiki kesalahan dan meningkatkan kualitas melawan Indonesia. Kami harus melakukan segalanya untuk menang," tutur Miyo Okamoto. 

Di atas kertas, timnas putri Thailand memiliki keunggulan atas Indonesia. Melansir dari laman resmi AFC, timnas putri dan Thailand sudah bersua empat kali.

Hasilnya, Thailand selalu berhasil menyapu laga dengan kemenangan dan hadir lewat skor besar.

Tim Negeri Gajah Putih itu menang 4-0 (Kualifikasi Piala Asia Wanita tahun 2005), 10-1 (Piala AFF Wanita 2015), 3-0 (laga persahabatan pada 2018), dan 5-1 (SEA Games 2019).

Secara ranking FIFA, timnas putri Indonesia pun tak unggul dari Thailand yang juga merupakan kontestan Piala Dunia Wanita 2019 ini.

Timnas putri Thailand memiliki peringkat cukup bagus dalam ranking FIFA, yakni di posisi ke-38.

Sementara itu, Garuda Pertiwi memiliki peringkat terendah dalam turnamen dengan menempati posisi ke-94 FIFA.

Selain statistik di atas, timnas Thailand juga memiliki pengalaman tampil di Piala Dunia Wanita 2019. 

https://bola.kompas.com/read/2022/01/24/12050038/timnas-putri-indonesia-vs-thailand-lawan-tebar-ancaman-untuk-garuda-pertiwi

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.